Bahaya!! Tidur di Tempat Terang dan Mendengarkan Musik


Bahaya tidur di tempat yang terang - Tidur merupakan kebutuhan alami setiap manusia. Dengan tidur yang baik dan berkualitas, metebolisme tubuh akan tertata kembali dan sel-sel dalam tubuh memiliki kesempatan untuk melakukan regrenasi. Menurut yang saya baca ini, katanya menurut beberapa penelitian salah satu cara untuk mendapatkan tidur yang baik dan berkualitas adalah tidur dengan memadamkan lampu dan katanya kita harus tidur dari jam 9 malam sampai 8 pagi untuk mendapatkan hormon melatonin secara maksimal. Menurut saya pribadi sih, jangan terlalu diikuti karena kan minimal kita tidur sekitar 6-8 jam. Kalau gitu sih bagi yang agama islam tidak solat subuh.


Melatonin
Hormon Melatonin

Hormon Melatonin adalah zat yang dihasilkan oleh kelenjar pineal di dalam otak yang pembentukannya dipicu oleh gelap. Kadar hormon ini paling tinggi ditemukan ketika menjelang pagi hari sekitar jam 02:00-04:00 pagi dan paling rendah waktu sore hari. Ini juga menjawab persoalan kenapa orang semakin bertambah usia semakin sedikit tidurnya. Jadi, secara ilmiah, produksi hormon melatonin ini juga akan mengalami penurunan  dengan pertambahan usia manusia. Karena menurunnya hormon ini maka akan membuat kualitas tidur semakin menurun dan sering berdampak pada kesulitan untuk tidur. Fungsi hormon melatonin ini, antara lain:
1.    Mengatur bioritme atau irama tubuh dalam hal pengaturan tidur
2.    Sebagai anti oksidan yang larut dalam lemak dan air
3.    Meningkatkan imun tubuh
4.    Menimbulkan relaksasi otot
5.    Meningkatkan mood dan menghilangkan ketegangan

Nah itu sedikit penjelasan tentang hormon melatonin. Sesuai dengan judul artikel saya yaitu bahaya tidur dengan lampu terang dan mendengarkan musik berikut penjelasannya.

Ketika kita mau tidur dalam keadaan terang, indra penglihatan kita tetap bekerja menyerap cahaya. Contohnya coba kalian tidur, tapi biarkan lampu tetap menyala. Kalian akan merasakan cahaya di sekitar bola mata kalian, walaupun tidak terlalu banyak. Ini membuat otak kita terus bekerja menyerap cahaya yang masuk.

Sama halnya ketika kita tidur dengan mendengarkan musik, gelombang suara yang diterima oleh  alat pendengaran di dalam telinga, akan diteruskan ke otak. Otak yang harusnya beristirahat akan kembali terangsang untuk bekerja dan mengolah informasi yang masuk.

Apabila hal ini terus dilakukan sepanjang malam, berarti hanya tidur menurut tubuh luar, sedangkan tidak menurut otak. Inilah yang membuat terkadang orang merasa sudah tidur lama, tapi seperti tidak tidur. Jadi jangan biarkan otak kita kelelahan karena terus bekerja dari pagi hingga malam.

Nah, sekarang bagaimana tanggapan dari para pembaca?? mana yang ada dipilih?? 

Sekian artikel saya tentang bagaimana bahaya tidur hidup lampu dan mendengarkan musik, semoga bermanfaat ^^


Baca juga yaa artikel lainnya di bawah ini ^^


Subscribe to receive free email updates:

4 Responses to "Bahaya!! Tidur di Tempat Terang dan Mendengarkan Musik"

  1. jjur ane gak betah malah gan kalo tidur di tempat terang,enakan yg gelap",,hhee..

    BalasHapus
  2. reza: stju banget gan hehehe

    BalasHapus
  3. Bila tidur dengan mendengarkan musik, artinya otak yang harusnya beristirahat akan kembali terangsang untuk bekerja dan mengolah informasi yang masuk.

    Pertanyaan saya, bilamana kita mendengarkan musik hanya untuk pengantar tidur saja, misalkan perangkat pemutar musik kita timer hanya sebatas 15 atau 30 menit saja, setelah itu musik berhenti secara otomatis, apakah masih berdampak demikian juga?

    BalasHapus
  4. Bila tidur dengan mendengarkan musik, artinya otak yang harusnya beristirahat akan kembali terangsang untuk bekerja dan mengolah informasi yang masuk.

    Pertanyaan saya, bilamana kita mendengarkan musik hanya untuk pengantar tidur saja, misalkan perangkat pemutar musik kita timer hanya sebatas 15 atau 30 menit saja, setelah itu musik berhenti secara otomatis, apakah masih berdampak demikian juga?

    BalasHapus