Bagaimana Cara Lebih Percaya Diri??

Fahri's Blog - Pertanyaan inilah yang pernah saya tanyakan kepada diri saya dahulu. Akan tetapi, sebelum itu saya jelaskan dahulu pengertian dari percaya diri yang saya kutip dari website "belajarpsikologi". merupakan salah satu aspek kepribadian yang sangat penting dalam kehidupan manusia. Orang yang percaya diri yakin atas kemampuan mereka sendiri serta memiliki pengharapan yang realistis, bahkan ketika harapan mereka tidak terwujud, mereka tetap berpikiran positif dan dapat menerimanya.

Menurut Thantaway dalam Kamus istilah Bimbingan dan Konseling (2005:87), percaya diri adalah kondisi mental atau psikologis diri seseorang yang memberi keyakinan kuat pada dirinya untuk berbuat atau melakukan sesuatu tindakan. Orang yang tidak percaya diri memiliki konsep diri negatif, kurang percaya pada kemampuannya, karena itu sering menutup diri.

Pernahkah Anda takut ketika disuruh maju dosen atau guru??

Ya, saya juga merasakan hal itu, ketika saya SMA. Saya sangat takut ketika guru mengatakan bahwa dia akan memanggil salah satu siswa untuk menjawab soal yang dia berikan. Ini disebabkan karena kurangnya rasa percaya diri dalam diri kita. Sebenarnya kita mampu mengejarkan atau menjawab soal tersebut, tapi karena kurangnya rasa percaya diri bahwa kita mampu, membuat kita benar-benar tidak dapat mengerjakan soal tersebut. Ditambah lagi, bahasa tubuh yang kita tampilkan seperti gemetar memegang spidol akan memperkuat bahwa kita tidak bisa mengerjakan soal yang diberikan

Sebenarnya yang perlu kita ingat adalah yang dibutuhkan dosen atau guru bukanlah kita mampu atau tidak, tapi yang dinilai seberapa besar kemauan kita mau mengejarkan soal yang diberikan. 

Pernahkah Anda takut ketika disuruh persentasi??

Ya, saya juga sering mengalami hal ini. Apalagi dahulu ketika disuruh persentase di depan, saya hanya dapat bagian moderator, sedangkan yang menjawab pertanyaan dan mempersentasi hasil diskusi adalah teman saya semua. Rasa ketidakpercayaan diri itu begitu besar yang membuat saya benar-benar tidak mampu. 

Akan tetapi, sekarang sudah berubah 360 derajat. Sekarang saya sudah mendapatkan rasa percaya diri itu. Semenjak lulus dari SMA, saya menginjak bangku kuliah di salah satu universitas di medan, jurusan psikologi. Timbulnya rasa percaya diri saya pada saat saya berani mengajukan sebuah pertanyaan kepada teman-teman yang sedang melakukan persentasi. Padahal pada saat itu, jumlah mahasiswa sekitar 100 orang. Secara umum, tentunya orang yang tidak percaya diri akan gugup, ketika dia menjadi pusat perhatian banyak orang. 

Akan tetapi, pada saat itu saya tidak memikirkan hal itu, yang saya pikirkan bagaimana cara saya supaya pertanyaan ini bisa saya tanyakan. Hasilnya saya mampu melakukan hal tersebut dengan mudah dan timbul rasa keinginan untuk melakukan hal itu tadi untuk berikut-berikutnya.

Mengapa saya bisa berani??

Karena saya berfikir, mau sampai kapan saya seperti dulu, yang takut-takut bertanya?? Yang takut menjawab pertanyaan?? Yang gemetar ketika menjadi pusat perhatian?? Coba saja Anda pertanyaan terus-menerus pertanyaan itu dalam hati Anda. Lambat laun, Anda akan punya kekuatan dan keberanian. Hasilnya, Anda akan punya rasa percaya diri.

Satu hal yang perlu Anda ingat, ketika Anda berada di dalam lingkungan baru dan Anda dapat menciptakan kesan positif pada saat itu, sehingga lingkungan Anda menerima kehadiran Anda di kelas, maka konsep diri Anda akan naik. Apa itu konsep diri?? Bisa dibaca pada artikel saya berikut ini Pengertian Konsep Diri

Semakin baik konsep diri yang Anda miliki, maka semakin baik pula rasa percaya diri Anda. Sebagai contoh, Anda dipuji "Kok pintar kali siih kamu kerjain ini soal". Anda mendapatkan konsep tentang diri Anda bahwa Anda adalah orang yang pintar. Secara tidak sadar, hal itu akan berpengaruh ke dalam diri Anda dan rasa percaya diri Anda pun dapat meningkat. 

Akan tetapi, satu hal yang perlu diingat, jangan sampai memiliki konsep diri yang terlalu tinggi. Anda akan menjadi orang yang sombong dan dibenci oleh lingkungan. Karena orang yang memiliki konsep diri tinggi, maka harga dirinya juga tinggi. Dia tidak mau diremehkan,dikritik, diejek orang lain.

Hanya ini yang dapat saya sampaikan berdasarkan pengalaman pribadi saya, alhamdulillah sekarang saya dipercaya sebagai wakil komting di kelas saya. Bukan bermaksud sombong, tapi ya seperti itulah. jika Anda bisa mendapatkan rasa percaya diri tadi.

Sekian artikel saya tentang Cara Agar Lebih Percaya Diri
semoga bermanfaat ^^ 

Baca artikel lainnya juga yaa 





Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Bagaimana Cara Lebih Percaya Diri??"

Posting Komentar