Pengertian dari Konsep Diri


Apa yang dimaksud konsep diri???


Fahri's Blog - Konsep diri (self-concept) adalah kesadaran seseorang mengenai siapa dirinya. Menurut Deaux, Dane, & Wrightsman (1993), konsep diri adalah sekumpulan keyakinan dan perasaan seseorang mengenai dirinya. Keyakinan seseorang mengentai dirinya bisa berkaitan dengan bakat, minat, kemampuan, penampilan fisik, dan lain sebagainya. Orang pun kemudian memliki perasaan terhadap keyakinan mengenai dirinya tersebut, apakah dia merasa positif atau negatif, bangga atau tidak bangga, dan senang atau tidak senang dengan dirinya. Sebagai contoh, Rani memiliki keyakinan bahwa dirinya bukanlah seorang penyanyi professional dan mungkin dia tidak terlalu merasa bangga dengan hal itu, sehingga dia pun pasrah jika ada orang yang mengkritik tentang suaranya.

Konsep diri


Seperti contoh di atas, konsep diri sangat penting dipelajari dalam psikologi sosial karena konsep diri mempengaruhi perilaku seseorang, terutama dalam menanggapi dunia dan pengalaman [Markus, 1977). Konsep diri bukanlah sesuatu yang tiba-tiba ada atau muncul. Pembentukan konsep diri dipengaruhi oleh orang lain dalam proses interaksi sosial. 

Vaughan & Hogg (2002) menyatakan bahwa hasil dari tindakan kita mendorong kita untuk melakukan intropeksi dan persepsi diri. Intropeksi dilakukan seseorang ketika dia berusaha memahami dan menilai mengapa dia melakukan tindakan tertentu. Persepsi diri dilakukan seseorang ketika dia mengatribusikan secara internal hasil yang diterimanya. 

Konsep diri pada dasarnya merupakan suatu skema, yaitu pengetahuan yang terorganisasi mengenai sesuatu yang kita gunakan untuk menginterpretasikan pengalaman. Dengan demikian, konsep dri adalah skema diri (self-schema), yaitu pengetahuan tentang diri, yang memengaruhi cara seseorang mengolah informasi dan mengambil tindakan (Vaughan & Hogg, 2002). Beaman, Klentz, Diener, & Svanum (1979) melakukan sebuah eksperimen yang menunjukkan bagaimana pengentahuan tentang diri memengaruhi tindakan individu.

Menurut Higgins (1987), ada tiga jenis skema diri, yang disebutkan berikut ini:

  1. Actual self, yaitu bagaimana diri kita saat ini >> Ini lebih mengarah kepada tentang diri kita saat ini. Jadi, lebih ke arah fakta yang ada tentang diri Anda sendiri.
  2. Ideal self, yaitu bagaimana diri yang kita inginkan >> Ideal lebih kepada, Anda itu inginnya seperti apa. Misalnya Anda ingin dikagumi banyak wanita atau pria dengan pandai bermain banyak alat musik. Tapi faktanya Anda tidak pandai bermain satu alat musik pun. Maka dari itu, dibilang idealnya Anda seperti apa.
  3. Ought self, yaitu bagaimana diri kita seharusnya >> Sebenarnya ini hampir sama dengan ideal, tapi bedanya apa harus pandai alat musik untuk bisa dikagumi?? Mungkin banyak yang bisa Anda lakukan untuk dikagumi. Jadi harusnya bagaimana?? cari cara lain.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pengertian dari Konsep Diri"

Posting Komentar