Bintang Mampu Ciptakan Planet

Bintang Mampu Ciptakan PlanetHai sobat blogger semuanya, lama sudah saya tidak update blog ini lagi karena hobby baru saya hehehe..
Tapi saya akan coba lebih fokus lagi ke dunia blog dalam 1 bulan ke depan ini. Karena saya lagi ikutan kontes SEO Slidegossip.com pusatnya pencarian profil artis, model, dan talent dan sekarang artikel tersebut sudah jauh tercampak dari posisi halaman 1 google sekarang sudah ke-6 :(
Maka dari itu, saya ingin lebih serius lagi dalam dunia blog ini..

Oke itu sekian kenapa saya sudah jarang update blog ini, sekarang saya ingin membahas tentang Bintang dapat menciptakan planet?? Benarkah hal itu bisa terjadi??

Berbicara tentang planet mungkin sudah banyak yang mengetahuinya, tata surya kita terdiri dari 8 planet yang semuanya mengorbit pada matahari. Umumnya menurut beberapa para ilmuwan planet itu terdiri dari kumpulan-kumpulan gas yang membeku selama beberapa juta tahun dan akhirnya terbentuklah planet. 

Akan tetapi, Bintang diyakini ternyata mampu melahirkan planet-planet yang mengorbit di luar tata surya. Ilmuwan mencoba menggunakan teleskop luar angkasa Herschel milik European Space Agency (ESA) dan akhirnya menemukan bahwa bintang bernama TW Hydarae mampu menciptakan banyak planet.

TW Hydarae


Sebuah disk yang berbentuk cakram mengelilingi bintang TW Hydrae tersebut cukup besar untuk membuat planet dibandingkan planet yang ada di sistem tata surya. ESA dan National Aeronautics and Space Administration (NASA) terlibat dalam penelitian bintang masif tersebut. Ilmuwan meyakini TW Hydrae telah terbentuk sekitar 10 juta tahun dan berjarak sekitar 176 tahun cahaya. TW Hydrae memiliki jarak relatif dekat dengan Bumi oleh standar astronomi. 

TW Hydrae relatif muda, namun katanya bintang ini telah melewati usia, di mana planet raksasa mungkin sudah terbentuk. Erwin Bergin dari University of Michigan memimpin studi baru yang diterbitkan dalam jurnal Nature. Umumnya bintang tua seperti ini telah membersihkan material di sekitarnya. Namun menurut Bergin bintang ini masih memiliki massa yang cukup untuk membuat planet yang setara dengan 50 Jupiter. 

Bergin juga menunjukkan metode baru yang lebih tepat untuk menimbang cakram pembentuk planet. Teknik sebelumnya untuk menilai massa dianggap kurang pasti. Sedangkan metode baru ini bisa menyelidiki langsung terkait gas yang mendukung pembuatan planet.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Bintang Mampu Ciptakan Planet"

Posting Komentar