Lima Mesjid Paling Terkenal di China

Hai teman,apa kabar?? mudah-mudahan kita selalu dilindungi oleh Yang Maha Kuasa dari penyakit dan selalu diberi kesehatan. Bagi yang mudik hari ini semoga kalian bisa sampai di tempat tujuan dengan selamat. Begitu banyak mesjid-mesjid yang indah di dunia ini, tapi hari ini saya ingin berbagi informasi tentang Lima Mesjid Paling Terkenal Di Cina.
    Cina merupakan negara sebuah komunis yang ternyata memiliki lebih 40.000 mesjid. Jumlah mesjid di Negeri Panda itu diprediksi akan bertambah seiring perkembangan ekonom Cina, terutama di provinsi yang mayoritas Muslim seperti di Xinjiang dan Ningxia, serta daerah yang terdapat penduduk muslimnya.Berikut ini adalah  Mesjid Yang Paling Terkenal 

1.Mesjid Guangzhou




      Mesjid Guangzhou diperkirakan berumur 1.300 tahun. Menurut manuskrip tahun 1216, mesjid ini dibangun atas inisiatif Sa'ad bin Abi Waqqas, paman Nabi Muhammad SAW dari pihak ibu. Saas bin Abi Waqqas ini pula yang diyakini sebagi penyebar agama Islam pertama di daratan China.

       Belum diketahui pasti apakah mesjid ini dibangun di masa Dinasti Tang atau awal pemerintahan Dinasti Song. Yang pasti, mesjid ini dibangun lagi pada tahun 1350 di masa Dinasti Yuan di bawah pemerintahan Zhizheng(1341-1368) dan kemudian dibangun lagi di tahun 1695 di bawah Kaisar Kangzi pada masa Dinasti Qing.


2.Mesjid Raya Xi'an





        Mesjid Raya Xi'an adalah sebuah mesjid sangat unik, terbesar, dan tertua terletak di kota Chang'an yang kini lebih dikenal dengan kota Xi'an. Bentuk bangunannya lebih menyerupai kuil daripada bangunan mesjid pada umumnya. Karenannya menjadi salah satu mesjid dengan arsitektur paling indah di dunia. Pada tahun 1988 pemerintah China menetapkan-nya sebagai salah satu bangunan bersejarah terpenting di China.
  Menurut catatan sejarah yang tertulis pada ukiran kayu bagian interiornya, Mesjid Raya Xi'an didirikan tahun 742, pada zaman Dinasti Tang(618-907), di tahaun pertama pemerintahan kaisar Tian Bo. Saat itu banyak pedagang dari Arab dan Persia mendatangi China melalui Jalur Sutra
    Mesjid ini berdiri di area seluas 12.000-13.000 m2. sedangkan bangunan mesjidnya mempunyai luas yang lebih dari 6.000 m2. Areal mesjid berbentuk empat persegi panjang, memanjang dari Timur ke Barat dan terbagi menjadi empat area.

3.Mesjid Niujie





    Mesjid Niujie adalah sebuah mesjid bersejarah yang terletak di Beijing. Mesjid yang telah mengalami renovasi dan perluasan beberapa kali ini merupakan pusat komunitas Muslim Beijing yang jumlahnya mencapai 200 ribu jiwa. Arsitekturnya memperlihatkan campuran desain khas China-Islam.

    Mesjid Niujie yang terletak di Niuejie(Jalan sapi), Distrik Xuanwu,Beijing, adalah mesjid tertua dan paling besar di Beijing. Niujie adalah wilayah padat berpopulasi 13.000 warga muslim yang membentang dari utara ke selatan, sekitar satu mil di sebelah barat Kuil Surga. Area ini dipenuhi toko-toko yang menjual masakan muslim oleh penjualnya yang mengenakan peci putih. Dinamakan Niujie karena warga di kawasan ini menjual masakan halal, terutama daging sapi karena itu dinamakan Niujie atau "Jalan Sapi".

4.Mesjid Huai-Sheng






   Mesjid Huai-Sheng ini adalah "Mesjid Rindu Nabi Muhammad". Dinamakan demikian karena para pendatang Arab muslim yang datang di China rentang waktunya masih dekat dengan masa Nabi. Mungkin para pendatang Arab muslim itu masuk Islam pada zaman Nabi masih hidup, untuk mengobati rasa rindu mereka terhadap nabi, maka mesjid yang mereka dirikan diberi nama demikian.
    Mesjid ini sebagaimana mesjid di China lainnya tidak hanya dibuka pada waktu shalat dan untuk mendengarkan ceramah saja. Bahkan mesjid ini digunakan juga untuk prosesi akad nikah, mengurus jenazah, mendamaikan orang yang bersertu, menolong orang yang membutuhkan, merencanakan olahraga antar Umat Islam.
     Mesjid Huai-Sheng memiliki tinggi 36 meter dari permukaan bumi. Sehingga menampakkan cahaya yang membelah awan. Dindingnya terdiri dari dua tingkatan, dalam dan luar. Menara mesjid ini memiliki jendela kecil, sebagai bagian dari ventilasi udara. Jika anda naik sampai atas, maka akan terlihat kota Guangzhou seluruhnya. Mesjid ini dibangun oleh komunitas Arab Islam yang datang ke China pada tahun 672M.

5.Mesjid Lao Huasi Sufi




Mesjid Lao Huasi Sufi merupakan mesjid beraliran Muslim Sufi terbesar di China, mesjid ini mulai dibangun pada tahun 1750 oleh haji Ma Laichi. Mesjid ini, merupakan mesjid dengan aliran Persia dan modern pertama di China. mesjid ini sangat dapat menampung lebih dari 200 ribu jama'ah dan dikelilingi oleh lembah yang hijau. benar-benar indah bukaan??


Nah, sekian artikel saya tentang Lima Mesjid yang Terkenal di China


Baca artikel lainnya juga yuk ^^

sumber:analisa

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Lima Mesjid Paling Terkenal di China"

Posting Komentar