Printer 3D Siap Merubah Dunia Anda

Apa yang terlintas di benak kalian melihat gambar di atas??

Seperti gambar asli bukan??

Yep gambar di atas memang asli, tapi didesain terlebih dahulu dan menggunakan Printer 3D. Jadi itu hanyalah sebuah gambar 3D. Lalu untuk apa?? Mari lanjut membaca artikelnya ^^
Kebutuhan mencetak tak lagi sekadar di atas kertas. Kemajuan teknologi dapat mewujudkan apa yang ada di imajinasi Anda ke dalam bentuk yang lebih nyata dan dapat dirasakan melalui sentuhan. Nah, tantangan itu coba dijawab dengan kehadiran printer 3D.

Printer 3D adalah proses pembuatan benda padat tiga dimensi dari sebuah desain secara digital menjadi bentuk 3D. Yang lebih mengejutkannya lagi, ternyata benda ini tidak bersatu dengan kertas seperti biasa kita memprint foto atau gambar, melainkan memiliki volume dan dapat dipegang.
Salah satu pemain di industri ini adalah 3D Systems Corp, dimana untuk di Indonesia menggandeng PT Datascrip melalui Divisi CAD & Survey System sebagai distributor untuk produk-produk 3D Systems di Indonesia. 
Datascrip menilai, kebutuhan akan teknologi 3D di Tanah Air cukup besar. Namun pola pengerjaannya masih menggunakan pola manual yang membutuhkan waktu pengerjaan lebih lama, tingkat presisi yang kurang pas hingga warna yang didapat kurang memuaskan.

Guna melengkapi jajaran 3D printer yang sudah ada, Datascrip menghadirkan 3D printer terbaru dengan material berbahan dasar non toxic wax, yakni Seri ProJet 1500. 



ProJet 1500 merupakan printer 3D yang diklaim memiliki resolusi cetak tinggi dan berwarna sehingga printer ini cocok digunakan untuk berbagai kebutuhan dari beragam profesi, mulai dari desainer, enjiner, arsitek, hingga pelajar. Jika selama ini seorang arsitek hanya bisa menggambar sebuah rumah di sebuah canvas yang besar yang tentunya kita tidak bisa memasuki rumah tersebut, tapi dengan menggunakan 3D Printer kita bisa menjelajah ke dalam rumah tersebut.

Printer 3D semakin banyak digunakan dalam perangkat medis. Mereka menggunakan 3D Printer untuk membantu keperluan pembedahan (rekonstruksi), membuat peralatan medis yang disesuaikan dengan peralatan medis yang sudah ada, meniru bentuk manusia. 

Produk-produk yang dihasilkan bisa berupa alat bantu pendengaran, ortopedi, implan gigi serta diterapkan untuk penelitian di masa mendatang, seperti organ cetakan 3D, hip dan pembuluh darah. 

Ternyata yang lebih hebatnya lagi, ilmuwan Jerman berhasil mereplika aliran darah manusia untuk mempelajari efisiensi pengiriman obat tertentu ke salah satu organ tubuh manusia.

Inilah teknologi yang kiranya akan merubah kehidupan kita di masa yang akan datang, dan harga fotocopy akan semakin mahal wkwk :D

Baca artikel lainnya juga yukk ^^

  1. Teknologi - Cari Tahu Penyebab SMS Pending
  2. Kesehatan - Menangis Bisa Membuat Sehat???
  3. Tutorial Blog - Cara Menulis Artikel yang Baik dan Benar untuk Blog

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Printer 3D Siap Merubah Dunia Anda"

Posting Komentar