Cara Menjadi Seorang yang Pemaaf



3 Tips menjadiseorang yang pemaaf - Berhubung hari ini saya juga bingung mau posting apalagi, mendingan pelajaran di kampus tadi yang saya bagikan kepada para pembaca. Siapa tahu bermanfaat ^^ Sebelumnya saya perkenalkan dulu nama dosen agama saya Syahruddin Siagian S.HI,MA

Berbicara tentang dosa, setiap manusia tentunya tidak luput dari yang namanya dosa. Dosa itu bisa terjadi dimana saja, salah satu contohnya ketika kita menyinggung teman kita karena perkataan kita yang kurang mengenakkan dan akhirnya membuat teman kita itu marah dan benci kepada kita. Tentunya untuk mengembalikan pertemanan kita seperti semula harus ada yang namanya kata "Maaf". 

Nah, hari ini saya mau berbagi gimana agar kita menjadi seorang yang pemaaf. Berikut tips dan triknya:

1.Lupakan kesalahan orang kepada dirimu, ingat kesalahanmu kepada orang
Maksudnya gini, misalnya kalian berteman ni sama seseorang. Tentunya dalam pertemanan pasti kita punya kesalahan kepada teman kita baik disengaja maupun tidak disengaja. Nah, suatu saat teman kalian tu membuat hati kalian sakit gara-gara ucapanya. Sehingga kalian sulit untuk memaafkan kesalahan dia. Jadi tips yang pertama adalah >> Lupakan kesalahan orang kepada dirimu, ingat kesalahanmu kepada orang.

2.Lupakan kebaikanmu kepada orang, ingat kebaikan orang kepada dirimu
Maksudnya gini, jika kita hanya memikirkan kebaikan kita kepada seseorang, maka akan sulit untuk memaafkan seseorang. Misalnya kalian sudah banyak membantu dia, sehabis itu dia berbuat salah sama kalian. Baru kalian selalu memikirkan kayak gini "Aku udah baek sama dia, tapi dia kayak gini sama aku". Kalau prinsip ini yang kalian terapkan,maka akan sulit untuk memaafkan seseorang. Jadi, tips yang kedua ini adalah >>>Lupakan kebaikanmu kepada orang, ingat kebaikan orang kepada dirimu.

3.Bencilah kepada perbuatanya, jangan benci kepada orangnya
Maksudnya gini, jadi misalnya kalian jumpa seseorang yang hobbinya hanya bisa menyakitin perasaan orang lain gara-gara ucapannya dan karena dia kalian menjadi sakit hati, maka dari itu jangan kalian benci dengan orangnya, tapi bencilah kepada perbuatanya. Menurut kajian tasawuf, jika kalian benci kepada orangnya, secara tidak langsung kalian membenci yang menciptakan-Nya. Karena seluruh manusia terlahir fitrah/bersih. Jadi, tips yang ketiga yaitu >> Bencilah kepada perbuatannya, jangan benci kepada orangnya.

Menurut saya pribadi, memaafkan memang sedikit sulit. Akan tetapi, alangkah baiknya jika kita menjadi seorang yang pemaaf dan alangkah baiknya kita memaafkan kesalahan seseorang, sebelum dia meminta maaf kepada kalian. Semua itu butuh proses, kalau kita mau belajar, pasti bisa walaupun itu sulit ^^

Sekian artikel saya tentang bagaimana jadi seorang yang pemaaf, semoga bermanfaat ^^

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Menjadi Seorang yang Pemaaf"

Posting Komentar