Tuesday, August 28, 2012

Cara Mudah Melakukan Astral Projection


Hai teman,kali ini saya akan membahas tentang Tips Cepat Melakukan Astral Projection. Sebenarnya artikel ini tidak ada hubungannya dengan dunia mistis,disini murni menggunakan Kekuatan Pikiran. Sebenarnya apakah Astral Projection itu?
Astral Projection atau yang sering disebut Raga Sukma secara ilmiah merupakan salah satu kemampuan otak untuk memanipulasi alam bawah sadar hingga sedemikian rupa hingga tubuh halus dapat menembus dimensi ruang dan waktu. Namun secara mistis astral atau raga sukma merupakan kemampuan yang kita miliki untuk melepas roh kita hingga dapat berjalan memakai tubuh halus dengan ritual tertentu. Tetapi perlu diketahui, proses meraga sukma sesunggunya tidak melepas roh, tetapi hanya memproyeksikan energi pikiran yang disebut sukma. Kalau kita melepas roh bisa menyebabkan kematian. Sebab itu orang yang meraga sukma bisa menarik kembali energi pikiran yang melanglang buana sehingga dapat hidup kembali. Energi pikiran atau sukma ini secara otomatis akan kembali ke raga dalam kondisi tertentu, misalnya saja karena kaget, tertindih energi lain, dan sebagainya. Astral Projection juga disebut sebagai  suatu keadaan di mana jiwa kita melakukan perjalanan sendiri ke tempat lain, terpisah dari tubuh kita. Tapi ini bukan suatu mimpi, karena jika ditilik, jiwa kita benar-benar berada di tempat lain tersebut, dan bisa melakukan suatu aktivitas di sana.

       Sukma atau jiwa adalah kemampuan manusia yang bersifat kasat mata, gaib, atau metafisika. Sedangkan sukma atau jiwa ini sangatlah kompleks yang terdiri dari beberapa sub-sub penyusun. Salah satu dari sub-sub tersebut adalah kemampuan Bawah Sadar atau orang ada yang menyebutnya ESP (Extra Sensory Perception), atau juga disebut Indera Keenam. Kemampuan Bawah Sadar inipun sebenernya kompleks juga. Hanya yang pasti, kesemuanya ini jelas merupakan anugerah yang diberikan oleh Allah SWT kepada setiap manusia, sejak dia lahir dengan sifatnya yang khas.
Lalu bagaimana cara melakukan Astral Projection??

Cara melakukan Astral Projection :
WARNING : Metode Astral Projection di bawah ini hanya bisa diterapkan pada diri sendiri. Membuat orang lain melakukan "Astral Projection" seperti yang dilakukan oleh Joe Sandy mustahil untuk dilakukan, atau memerlukan kemampuan yang sangat tinggi.

Teknik 1
Metode Astral Projection :
1. Anda harus berada dalam kondisi "relaksasi yang sangat dalam". Maka berbaringlah, dan mulailah untuk mengencangkan, lalu meregangkan otot-otot anda, mulai dari otot kaki hingga otot wajah. Tenangkan pikiran anda, pejamkan mata anda, tapi jangan tidur.

2. Setelah anda mencapai kondisi "relaksasi yang sangat dalam", kini saatnya untuk mengontrol nafas anda. Bernafaslah dengan pelan dan dalam, rasakan tiap tarikan nafas yan masuk dan keluar dari dalam tubuh anda. Lakukan terus hal ini sampai anda merasa telah memasuki alam relaksasi anda lebih dalam lagi.

3. Pada poin ini, ada dua hal yang harus anda perhatikan. Tubuh anda yang asli, dan tubuh astral anda. Jika anda merasa bahwa tubuh asli anda semakin berat dan semakin berat, inilah saatnya untuk membentuk tubuh astral anda. Bentuk tubuh astral anda dengan membayangkan benda-benda yang sangat ringan seperti gelembung sabun atau bulu. Rasakan benda-benda tersebut mulai naik ke atas, meninggalkan tubuh anda. Rasakan bahwa anda akan melayang ke atas, dan menjadi sangat-sangat ringan.

4. Anda dinyatakan berhasil mencapai tahap ini jika berhasil menciptakan suatu "infra merah", yang membuat segalanya yang sebelumnya gelap gulita mulai tampak detailnya. Anda mungkin akan merasa berada di sebuah ruang yang disinari cahaya ungu. Teruslah berkonsentrasi, buat cahaya-cahaya yang menerangi ruangan jauh lebih terang dari sebelumnya. Cobalah untuk berkonsentrasi pada suatu objek yang anda bayangkan ada di ruangan tersebut, misalkan bulan atau gambar. Jika berhasil, mata anda akan terasa sangat berat dan terpejam, namun anda tetap melihat segalanya dengan sangat jelas. Pada tahap ini, jangan kaget jika saat melihat ke bawah, anda menemukan tubuh anda sedang tertidur lelap.
Jika hal ini sudah terjadi, selamat! Astral Projection anda telah berhasil.


Teknik 2

1. Berbaringlah dikamar anda dengan ruangan yang gelap dan hening, kemudian
perlahan-lahan pejamkan mata anda dan tetap rileks
2. Jangan bergerak tapi tetap rileks dan focus dan rasakan perlahan-lahan anda mulai
merasa mengantuk dan mulai kehilanngan kesadaran
3. biarkan hal tersebut dan tetap rileks hingga anda merasa melayang-layang
kemudian rasakan anda dapat merasakan dan mendengar hal disekitar anda dan
menikmati perasaan itu tapi anda tetap dalam keadaan setengah sadar.
4. kemudian biarkan terus hingga anda hilang kesadaran.

Teknik 3

1. sebelum tidur niatkan anda akan melakukan proyeksi astral dan ulangi kalimat
berkikut dipikiran anda dengan perlahan dan rileks hingga anda tertidur.
“Saya akan melakukan perjalanan astral. Saya akan membiarkan diri saya tertidur tapi
saya akan membawanya berjalan-jalan bersama saya kemanapun saya pergi. Saya akan
membawa badan saya dengan penuh kesadaran dan kembali lagi setelahnya.”
2.lakukan ini tiap malam hingga anda berhasil melakukan perjalanan astral.

Teknik 4

1. Set alarm anda pukul 6.00 pagi dan tidur pada pukul 10 atau 11 malam.
2. kemudian saat anda terbangun pukul 6 pagi, lakukan aktivitas seperti menonton
tv,bermain computer dsb. Selama 20-30 menit hingga anda merasa benar-benar
sudah sadar.
3. Lalu kembali kekamar tidur anda dan berbaringlah sambil memejamkan mata tapi
usahakan anda tetap sadar
4. saat anda merasa diri anda melayang atau berputar-putar nikmati sensasinya
hingga anda merasa tidak dapat bergerak dan seperti ada yang ingin keluar dari
tubuh anda, biarkan hal tersebut hingga anda berhasil mengeluarkan tubuh asrtral
anda. Lakukan ini selama beberapa hari hingga anda berhasil.

Teknik 5

1. Lakukan meditasi selama 1 jam dipagi hari
2. kemudian saat anda ingin tidur niatkan untuk meraga sukma
3. kemudian sambil memjamkan mata bayangkan anda sedang melakukan raga
sukma ( bayangkan tubuh anda menjadi dua).
4. Saat anda mulai kehilangan kesadaran dan sangat mengantuk sampaikan kepada
alam bawah sadar anda bahwa : “saya akan melakukan raga sukma”
5. Ulangi kalimat tersebut sambil membayangkan anda sedang melakukan raga
sukma hingga anda benar-benra tidur. Dan saat itulah anda akan melakukan
perjalanan astral.


Sekian Artikel saya tentang Trik Ampuh Berhasil Melakukan Astral Projection



Apakah kamu sudah ada yang berhasil melakukan astral projection??kalau sudah ada, share di kotak komentar yaaa, saya tunggu :)

Lanjut lagi baca ya ^^

  1. Perbedaan Lucid Dream Dengan Astral Projection
  2. Cara Mudah Melakukan Lucid Dream



NOTE:Bagi para pembaca yang ingin berkomentar, tetapi tidak punya akun Gmail, pilih aja Name/Url pada kolom komentar di bawah. Url-nya kosongin aja dan anda pun sudah bisa berkomentar di blog ini :D

Baca juga yaa artikel lainnya

Unik - Binatang yang Unik
Kesehatan - Manfaat Keju Bagi Kesehatan
Psikologi Kumpulan Pertanyaan Psikologi


Referensi:Wikumagic.com dan Fandy Fernuaji pdf


Creatif By : wijaya rizky | Kumpulan Berbagai Artikel

Terimah Kasih telah membaca artikel Cara Mudah Melakukan Astral Projection . Yang ditulis oleh wijaya rizky .Pada hari Tuesday, August 28, 2012 . Jika anda ingin sebarluaskan artikel ini, mohon sertakan sumber link asli. Kritik dan saran dapat anda sampaikan melalui kotak komentar. Mohon maaf jika masih banyak kekurangan dalam penulisan dan penjelasan pada artikel ini

Reaksi:

235 comments :

  1. Menurut sya salah satu teknik mudah astral projection dgn rutinitas tahajjud, karena pada siang ahari gelombang otak kita akan trun dan akan mudah msuk dlm kondisi relaksasi yg dalam

    ReplyDelete
  2. mksh info tambahannya,mngkn nnti bs sy tambahin lagi ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya pernah sukses melakukan astral projection, rasanya benar2 terbang.
      Terbang dari tempat tidur dlm posisi terbaring. Bisa lihat keadaan sekitar, tapi pas noleh kebawah, lihat ternyata ada tubuh saya. Saya kaget & terbangun.
      Itu kejadiannya pagi hari. Tapi nyobanya dari malem, jadi intinya dari malem sampai pagi saya nggak bisa tidur beneran karena mempelajari astral projection.
      Good luck!

      Delete
    2. terus gimana mau balikin tubuh kita semula ?

      Delete
  3. mau mencoba tapi takut,takut gak bisa kembali ke tubuh kita

    ReplyDelete
  4. kta'a sih,kta gk mngkn trpish dari tbh asli kita. cth'a,ktika kmu sdng mlkukan astral project,tba" kmu dibngunin sma seseorang. otomatis tubh astral kamu dn tubh asli mu akn mnyatu lagi ^^

    ReplyDelete
  5. ada yang pernah berhasil gak dengan cara ini?

    ReplyDelete
  6. sya blm tau psti tu mas,sya ambil teknik'a dari bbrp sumber. tp setau sya yaa,ada nama'a ilmu raga sukma itu ampir" kyk astral projection. klau itu sya prnh dngr dari orng, ad yg prnh berhasil ^^

    ReplyDelete
  7. gw juga lagi belajar

    udah 1 bulan lebih

    pernah keluat 1x

    tapi kepala gw nyangkut gk tau kenapa

    pas gw browsing ada yg namanya "EXIT dan STUCK"

    ReplyDelete
  8. hampir keluar, tapi ga bisa ngangkatnya, berat soalnya

    ReplyDelete
  9. M.S.Akmal:jujur yaa saya juga blm prnah brhasil melakukan astral,krna tiap sya melakukan'a tubuh sya terasa gatal. jd membuat sya ingin menggaruk dan akhirnya konsentrasi pun hilang. mungkin agan bisa membaca artikel di blog ini >>http://fipkampuspanda.wordpress.com/category/astral-projection/ semoga mmbntu ^^

    Meryko:Dicoba trus gan,semngaatt ^^

    ReplyDelete
  10. ah gw takut meninggal,,tpi kalo berhasil,,gw bisa ketemu ma artis gk?

    ReplyDelete
  11. yes, belum berhasil. Iya sih, intinya cuman cara berkonsentrasi.

    ReplyDelete
  12. hasby: bs aja gan (y)
    anonymous: yep bnr mas :)

    ReplyDelete
  13. dulu saya pernah ngalamin hal aneh ...
    sehabis sahur saya langsung tidur,setelah itu saya masih bisa melihat daerah sekitar dari tubuh saya meski mata saya terpejam,tapi saya tidak bisa menggerakkan semua anggota tubuh saya,dan dalam hati saya teriak2 karena tidak bisa bicara kemudian saya terbangun.
    apakah ini termasuk tahap astral projection???

    ReplyDelete
    Replies
    1. yakin tu bukan TINDIHAN?

      Delete
    2. kalo itu namanya kan ditindih setan...?

      Delete
    3. Erep-erep itu... Ditindihin setan istilahnya.. Tapi kata teman saya, itu juga bisa menjadi tahap astral...

      Delete
    4. Ketindihan itu sih sebenarnya sudah masuk tahap yang paling gampang kalau mau lanjutin ke Astral Project/Raga Sukma...

      Delete
  14. sya gk tau psti nama dari kejadiaan trsebut,tpi yg jls itu bkn astral projection mas. krena astral projection dlakukan dngan konsentrasi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu sleep paralyz gan namanya.

      Delete
  15. mending latihan bersama aj
    Kalo aku pernah 3x itu pun tanpa sengaja, ad juga yang ke 4 malah diganggu makhluk halus hingga aku tdk bisa bangun dari perjalanan astral

    ReplyDelete
  16. baru mau keloar udah g bisa udah ilang konsentrasinya -_-

    ReplyDelete
  17. bxk cra utk meraga sukma ! ,

    ReplyDelete
  18. dmasdewa: wiihh gmna crtia'a gan bs diganggu makhluk halus??

    Anonymous 1:mmng agk ssh gan ngelakuin'a
    Anonymous 2:Bukan gan coba baca artikel ini gan,

    http://doktersehat.com/pernahkan-mengalami-tindihan-saat-tidur/

    semoga bermanfaat ^^

    mr.siky: yep benar skli

    ReplyDelete
  19. bagi pengalaman aja ya'saya gak pernah mempelajari ini semua' hari selasa tgl 3 jan 2013' saya coba tidur diatas kursi sambil dengerin rukiyah ruangan gak panas dan ga gersang'(ga ada mimpi apa2)setelah kebangun dr tdr itu dari dahi sampai baju saya bercucuran keringat yg bnyk...malamnya sekitar jam 9.30 saya mulai lelah dan cape'saya melihat diri saya itu sedang tertidur diatas bangku sambil mendengarkan ayat2 rukiyah dr hape' yg saya liat lg ada sebuah rumah 'tp disana makluknya aneh2 saya coba masuk kesana'sebelum masuk saya udh dikejar2, berusaha pergi sejauh2nya tapi ketemunya didepan derbang itu lg dan akhrinya gimna caranya saya udah ada di dlm rumah itu'lalu saya masuk lemari saya berada di dimensi lain.
    Dan akhrnya saya terbangun' saya berfikir jadi waktu siang tadi saya tidur hingga bercucuran kringat ternyata saya sedang dikejar2,.

    ReplyDelete
  20. eka: wew mistis banget gan pengalamn'a. tp klau bolh tau makhluk aneh itu sprti ap??bntuk'a gan. kyk hantu gitu??

    ReplyDelete
  21. ya hantu itu kan karna tersuges aja ' tp yg saya liat tu aneh2 mukanya....
    Mungkin itu tipu daya jin....
    tapi baru kemaren saya minta ditutup mata batin'a eh barusan selesai sholat magrib tangan kirninya mulai geter2 yg menandakan ada sesuatu yg mencoba mendekati saya.

    ReplyDelete
  22. iaa sih bs jd itu tipu daya jin...
    waahh trima ksh deh gan udh mw shre pengalamn'a ^^
    oia blog agan nama'a ap??mngkn bs saya follow :)

    ReplyDelete
  23. seperti nya pernah baca tehnik diatas,, tapi versi bahasa inggris.. mirip

    Saya juga sedang mendalami astral projecttion, salam kenal

    ReplyDelete
  24. salam kenal juga gan ^^
    kalau brhasil mlakukan'a, share disini ya :)

    ReplyDelete
  25. Saya ngeharenya di blog saya, klo ada waktu mampir :)

    ReplyDelete
  26. siap gan, saya udh mmpir di blog agan ^^

    ReplyDelete
  27. gw udah nyoba tapi blom bisa :(

    ReplyDelete
  28. siapa yang udah bisa? kasih tau gw dong..

    ReplyDelete
  29. mmng ssh sih gan ngelakuin'a. Sya kmarin hmpir brhasil. tubuh astral'a udh hmpir kluar, tp krna dngr suara pintu kamar jd trgnggu kosentrasi dan akhir'a buyar

    ReplyDelete
  30. @Wijaya Rizky: gw berhasil gan 2 hari yang lalu !!

    ReplyDelete
  31. tapi gw gk make teknik yg di blog ini gan

    ReplyDelete
  32. roy roy: gmna tu gan teknik'a??mngkn bs di shre sdkit. mna tau nnt bs sya tmbh d artikel sya ^^

    ReplyDelete
  33. ane pernah nyoba gan ,, tapi takut ,, ngk balik lagi ... ntar mati pacar ane gimana gan ..

    ReplyDelete
  34. rupi: mnrt yg saya baca, kta gk mngkn bs kejebak di dunia astral gan. kta hnya mmikirkan kmbli,maka tubuh kta lngsung kmbli. abs tu klau di bangunin orng dari luar pun kta'a tubuh astral kta lngsung blik lg

    ReplyDelete
  35. Gan Sampe sekarang ane gagal mulu...
    Pernah nyaris keluar (waktu kaki udah keluar)
    eh entah kenapa ketiduran...
    trus, waktu bangun tidur rasanya badan kayak kesemutan semua gan :(

    ReplyDelete
  36. drio A.C: mmng agk sush sih gan bljr astral projection ni. ane smpe skrng blm prnh coba" lg. krna gagal" trus wktu mw coba.

    ReplyDelete
  37. Cara masuk kedalam tubuh kita lagi gimana yaaa...???
    Apakah kalo kita terkejut,kehilangan konsentrasi,atau sebagainya tubuh kasar dan tubuh halus kita menyatu???

    #Kepo

    ReplyDelete
  38. anonymous: klau kta dibngunin atau kita niatkan untuk kmbli, kta'a lngsung kmbali gan...

    ReplyDelete
  39. Hmm emang kalo misalkan kita udah bisa masuk, teruuss apa kita bisa liat orang orang disekitar kita? Dan tentang makhluk halus, apa kita bisa diculik sama mereka? Kaya di film insidious gituu :/ mau nyoba tapi takut diculik.. Ntar saya koma kaya dalton ._. Maaf banyak tanya, penasaran -_-v

    ReplyDelete
  40. anonymous: sya gk tau bnyk tntang mkhluk halus gan, setau saya astral project itu ya perjalanan astral. kita bs pergi kmnapun yg kita mau. kyk yg prnh dilakuin joe sandy.
    tp ini sya punya 1 penglman dari para pembaca

    eka:bagi pengalaman aja ya'saya gak pernah mempelajari ini semua' hari selasa tgl 3 jan 2013' saya coba tidur diatas kursi sambil dengerin rukiyah ruangan gak panas dan ga gersang'(ga ada mimpi apa2)setelah kebangun dr tdr itu dari dahi sampai baju saya bercucuran keringat yg bnyk...malamnya sekitar jam 9.30 saya mulai lelah dan cape'saya melihat diri saya itu sedang tertidur diatas bangku sambil mendengarkan ayat2 rukiyah dr hape' yg saya liat lg ada sebuah rumah 'tp disana makluknya aneh2 saya coba masuk kesana'sebelum masuk saya udh dikejar2, berusaha pergi sejauh2nya tapi ketemunya didepan derbang itu lg dan akhrinya gimna caranya saya udah ada di dlm rumah itu'lalu saya masuk lemari saya berada di dimensi lain.
    Dan akhrnya saya terbangun' saya berfikir jadi waktu siang tadi saya tidur hingga bercucuran kringat ternyata saya sedang dikejar2,.

    kalau agan ragu nyoba'a, lebih baik jngn dicoba :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya juga pernah ngalamin hal yang sama ..... seremmmmm banget

      apalagi pada saat itu gue liat orang tua gue jadi zombie

      Delete
    2. saya juga pernah ngalamin hal yang sama gan.... :)

      Delete
    3. Gan gw ngeri dah ntar mati atau apa..

      Delete
    4. gue pernah melakukan hal ini dan berasil ! tapi gue tidak pernah melihat yg seram2 malahan teman gue terlambat masuk kebadan nya sendiri karna kesasar maklum murid baru belum hafal jalan . ini kami lakukan secaa bersama sama atas arahan master gue ..
      ini pengalaman waktu belajar ilmu bela diri

      Delete
  41. @ Wijaya Rizki: sorry dah lama gk nongol, nih cara nya
    Cara belajar:
    Melakukan astral projection sebenarnya mudah, saya yakin kalau orang-orang disekitar anda pun pernah melakukannya baik secara tidak sengaja maupun sengaja. Banyak sekali cara yang bisa anda lakukan untuk melakukan astral projection. Berikut ini adalah salah satu cara yang paling aman dan efektif.

    1. Berbaring di lantai dengan nyaman. Letakkan tangan anda di samping tubuh dengan jempol dan telunjuk bersentuhan. Pejamkan mata dan taruh lidah di langit-langit.

    2. Tarik nafas dari hidung dan keluarkan melalui mulut dengan aturan nafas:

    Ambil nafas dan keluarkan nafas 50% lalu ambil nafas dari titik itu dan keluarkan semuanya.
    Ambil nafas dan keluarkan nafas 90% lalu ambil nafas dari titik itu dan keluarkan semuanya.
    Ambil nafas dan keluarkan nafas 1% lalu ambil nafas dari titik itu dan keluarkan semuanya.
    Ambil nafas dan keluarkan nafas 100% lalu ambil nafas dari titik itu dan keluarkan semuannya.
    Ambil nafas dan keluarkan nafas 30% lalu ambil nafas dari titik itu dan keluarkan semuanya.
    Ambil nafas dan keluarkan nafas 20% lalu ambil nafas dari titik itu dan keluarkan semuanya.


    3. Bernafaslah alami selama 5 menit.

    4. Buka matamu dan niatkan untuk melakukan astral projection. Biarkan tubuh anda rileks dan tetap berbaring sampai anda memasuki kondisi sangat rileks atau setengah tidur. Pada saat itu anda mengalami sensasi seperti berputar atau gerakan energi dari dalam tubuh yang ingin keluar. Apabila tubuh anda menjadi dua maka anda tinggal mengendalikan tubuh astral anda untuk berjalan-jalan.

    Untuk kembali ke tubuh fisik anda, tinggal menginginkannya aja anda udah balik kok. Perjalanan astral adalah perjalanan di dimensi keindahan, anda bisa melihat makhluk-makhluk lain, ada cahaya (malaikat) yang mengikuti anda selama perjalanan astral. Pokoknya seru banget deh.

    "Seluruh jin dan manusia, jika kamu sanggup menembus (melintasi) penjuru
    langit dan bumi, maka lintasilah, kamu tidak dapat menembusnya, melainkan
    dengan kekuatan." (QS. Ar Rahman:33)

    Tips: Mungkin anda melihat terdapat benang perak yang menghubungkan tubuh astral dengan tubuh fisik anda, biarkan saja, itu tidak akan mengganggumu. Jika melalui cara ini belum juga berhasil, masih ada beberapa cara lainnya yang dapat anda coba.

    ReplyDelete
  42. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  43. roy roy: sip gan mksh yaa udh brbagi pengetahuan'a tntang astral projection. tp msh kurng ngerti gan. mksud dari ambil nafas 50,90,1,100,30,dan 20 persen itu cmna contoh'a? klau 1% lg, cmna tu gan. sedikit bingung. mngkn bs brbagi pengalmn'a, ntr bs sya tambahin pada artikel sya di atas

    ReplyDelete
  44. @Wijaya Rizky: ada fb gk gan??gw kasih tau lewat FB aja deh..
    email gw: fiqry_roma@ymail.com
    search di fb aja
    gan gw mau nanya, astral projection bisa gk di lakukan sama orang buta???

    ReplyDelete
  45. roy: gk bs gan di search, gk ketemu. ni add aja fb w gan >>Fachri Risky Wijaya. foto profil gmbar Patrick..
    klau mnurut w sih gan untuk mngeluarkn tubuh astral'a bs" aja. kan kta mnggunakan konsntrasi untuk mncapai relaksasi yg lbh dalm. gk ada hbngn'a ke mata. tp yg saya ragu ketika brhasil kluar, dia kan buta. gimna cara ngeliat dunia astral'a :(

    ReplyDelete
  46. @wijaya rizky: klo gk cari aja group SMPN 109, cari muhamad fiqry.
    klo masih gk ketemu, cari di fb aja muhamad fiqry, foto nya 2 orang make seragam pramuka, gw yg make handuk putih.

    ReplyDelete
  47. @wijaya rizky: cari di facebook nama nya muhamad fiqry, foto 2 orang make seragam pramuka..

    ReplyDelete
  48. roy: gk ad juga gan, da w copi lg nama'a. klau gk agan ni yg add fb w >>Fachri Risky Wijaya

    ReplyDelete
  49. robby: udh,tp gk brhasil. ssh kli mw konsentrasi'a. ad aja yg gnggu

    ReplyDelete
  50. CURHAT:Permisi Agan Agan,Saya Kenzo, Saya Pengen Nyoba Astral Projection,Temen Bilang Sih Katanya:"lu tutup Mata ,Bayangin Ngebuka Pintu 2x" Tapi Temen gw Ber4 Bisa Tinggal Gw Yang G Bisa,Kenapa Ya? Omong Omong Gw Umur 10. Gw Hanya Penasaran ,Pengen Ngerasain Dunia Luar sana. Gw Punya SOdara Juga Dia Udh Nyoba Astral 5 Kali Katanya Mahluk Halus (setan) Mukanya Blur Kaya Slenderman(gak Ada Muka). Reply Ya Gan... :D

    ReplyDelete
  51. kenzo: sblm'a udh prnah nyoba gk gan?? jujur ane prnh mw coba kmaren. cuma ngersa kyk melyng gitu, tba" konstrasi ilng. jd gagal astral'a. itu mksud ngebuka pintu cmna gan?? masak sih cuma 2 kli ngebuka pintu lngsung bs ngerskn dunia astral. soal'a kan untuk mngeluarkn tubh astral hrs bnr" konsen gan. itu setau sya ya gan

    ReplyDelete
  52. Gan,gw barusan aja nyoba nih,gw udh ngrasain berputar2 dan melayang2 gan,cuma pas mau gw bwt astral nya,gw keburu ketiduran,
    Kasih saran donk gan?
    Trus klo yg raga sukma,itu nanti ktemu sama sedulur papat limo pancer adi ari-ari,yg berarti diri kita yg lain yg berada di dimensi lain,mempunyai wajah yg sama dngn wajah kita,dan itu ada 4,apakah itu benar gan?

    ReplyDelete
  53. roy: sip gan, udh gw trima jg. trus gmna tu gan mksud dari ambil nafas yg 50,90,1,100,30,dan 20 persen?? shre di fb y gan, pengen tau juga ni. mna tau pke cara itu sya bs brhasil astral project'a ehehe

    ReplyDelete
  54. al.al.al: waah sma kita gan, tp ane dngr suara pntu kmar jd ke gnggu konsen'a haha... klau yg ada wajah 4 ane juga kurang tau gan, tp yg jls klau agan prnh liat prmainan joe sndy wktu the master sprti itulah astrall project. tubuh kita brda di dmensi lain gitu. raga sukma sma astral sma gan :D

    ReplyDelete
  55. Aku udh coba tu teknikk .. Tapi kenapa tiba" jantung gue jadi panas .. Itu knpa gan ?

    ReplyDelete
  56. reno: waaahh krng tau jg sya gan, sya sih gk prnh sprti itu wktu mncoba'a hehe

    ReplyDelete
  57. wow saya udh berhasil bro :D

    ini cerita saya..
    tanggal 23 kemarin saya tidur sekitar jam 10 malam.
    teringat artikel ini jadi waktu itu saya coba.
    dan tidak tau kenapa saya antara sadar atau tidak
    pertama2 saya merasa badan saya berat.dan saya mencoba bangun dan berhasil.
    tapi badan saya tertinggal saya melihat diri saya yang tidur lelap,dengan agak muka pucet -,- (awal nya saya tidak tau kalo itu berhasil)
    dan saya mencoba untuk berpergian dan banyak yang saya alami.
    melihat kalo malam itu ramai,banyak makhluk2 bermuka aneh,sedang melihat saya berjalan.(untung saya bukan orang yang penakut)
    saya pun lupa kalo saya ada di kehidupan yang berbeda.sangkin lupanya saya pun melihat tukang ketoprak dan saya panggil tuh tukang tapi gak nengok2 (saya manggil tukang ketoprak karna saya ingat klo saya dari sore belum makan) hadehh
    dan beberapa menit kemudian saya pun tiba2 ketarik kembali lalu sadar dengan badan dingin
    -,,-
    tapi ini asli nyata saya alami.

    ReplyDelete
  58. andhi: waahh selamat deh gan,mksh udh mw shre kesni yaa ;D oia gan kira" brp mnt tu ngeluarin tubuh astral'a???

    ReplyDelete
  59. Gan gw kalo astral project sering ktiduran..n' sering.rasain sensaki kayak kaget

    ReplyDelete
  60. Gak Tau,,Selalu kayak tertusuk benda tajem..kadang kayak terluka..saat bangun udah keringat dingin deh

    ReplyDelete
  61. Tapi kadang sebaiknya kita lakuin lucid dream aja..aman dan katanya kalo astral project ada bahayanya seperti di jailin makhluk lain..n' kalo lucid dream jauh lebih seru

    ReplyDelete
  62. anonim 1: widiih seram juga yaa gan hahaha
    anonim 2: mksud'a di jailin mkhluk hlus tu gmna gan?? gk bs blik lg gitu ke tubuh asli?? trus knp lucid dream bs lbh aman gan??

    ReplyDelete
  63. numpang tanya dong,cara ngangkat badan halusnya gimana ya..?
    gw udh nyoba,tp selalu bagian tangan sama kaki aja yg ngerasa keluar..
    makasih

    ReplyDelete
  64. arie: mnurt yg prnh sya baca, kata'a bayngin benda" yg ringan mislnya balon...

    ReplyDelete
  65. kalian kalau mau bisa ngangkat badan halus kalian, kalian harus bayangin benda yg ringan seperti kapas dan bulu

    ReplyDelete
  66. makasih ya infonya..

    ReplyDelete
  67. saya sudah bisa melakukannya,,dan berhasil jalan-jalan..
    sebenarnya melakukan astral projection itu bukan belajar,,tapi meminta..bukan berarti belajar sendiri itu gk akan pernah bisa..tapi klo yang saya tau,,saat anda melakukan astral projection ada yg namanya "tali" kehidupan,,tali itu jangan ampe terputus,,jika tali itu terputus maka anda akan berada di dimensi astral projection atau mati...tapi ada juga yang mengatakan gan klo misal-nya mau melakukan astral projection lebih baik didampingi oleh seorang hipnotis handal,,dia yg akan menuntun kita kayak macam joe sandy
    oh iya gan,,gw imam.,gw pesulap dari sukabumi gua pencipta organisasi pecinta sulap di facebook..,,klo mau trick sulap ataupun trick melakukan astral projection bisa anda like fabs page itu..terimakasih sebelumnya gan :D

    ReplyDelete
  68. Saya pernah namun secara tak sengaja,bahkan sering tapisaya ga pernah melihat saya jasad saya sedang berbaring ato tidur,

    ReplyDelete
  69. @arie: oke oke
    @muhamaad: gan gan mw nnyk ni soal tli yg putus, itu pnybab putus'a krna apaa???

    @anonim: waah kok bs gitu gan??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tubuh halus yang kita punya mempunyai semacam benang energi yang menghubungkan tubuh fisik dan tubuh halus, dan benang ini karena berbentuk energi maka dapat menghubungkan tubuh halus dengan tubuh fisik untuk jarak yang jauh. Benang energi ini disebut orang dengan “rantai perak”

      Ada yang mengatakan kalau tubuh kita berubah posisi atau keadaannya, atau benang energi ini diputuskan, kita akan mati, tapi hal ini menurut saya tidak benar, karena melepas sukma adalah proses kegiatan otak.

      Delete
  70. fitri rahma daniatiMarch 16, 2013 at 12:38 PM

    udah mau coba tapi pas udh berasa berat,hati w malah bilang balik balik balik..payah banget mental w gk kuat..huhh..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Walah .. Kak Fitri ngelawak aja nih .. hahahahha

      Delete
  71. fitri: hal yg trsulit dlm astral itu mmng mlpskan tubuh astral kita. krna alam bwh sdar kita tidak ingin tubuh kita trbelah mnjdi 2. sya aja slalu gagal, blm brhasil smpe skrng hehehe

    ReplyDelete
  72. fitri rahma daniatiMarch 17, 2013 at 12:56 PM

    moga ajja berhasil yya...
    Mulai dr baca blog ini,w slalu ad keinginan untuk coba,tapi saat w berasa udah d tengah2 jalan w malah takut,sampai td waktu di busway sempet kepikiran mau coba,alhasil malah ketiduran sampai tujuan....
    :'(...

    ReplyDelete
  73. saya pernah ngalamin kayak gitu tapi pada saat saya tidur,sekitar pukul 00.30 saya tidur dan merasa jika raga saya itu berat namun saya sadar jika saya lagi tidur,tapi tubuh saya tidak bisa bergerak dan mata saya tidak bisa terbuka saya merasakan seperti melayang lalu tiba-tiba jatuh dan suasana hanya hitam gelap. ketika beberapa saat kemudian saya mencoba bergerak dan bergerak,alhasil saya terbangun dan dada saya sesak.apakah itu bisa disebut menuju dunia astral?

    ReplyDelete
  74. selamat siang

    saya mau berbagi informasi :) kebetulan saya memiliki kemampuan astral dari semenjak saya di sekolah dasar, namun pada awalnya saya hanya melihat hal tersebut sebagai mimpi, setelah duduk di sekolah menengah saya mulai mencari informasi atas apa yang terjadi pada saat saya mimpi itu, dan memang ternyata itu adalah astral projection.

    menurut dari sumber yang saya terima, yang tidak lain adalah dosen psikologi sewaktu saya kuliah. pada dasarnya semua orang pernah melakukan astral dalam tidurnya tapi tidak pernah mereka sadari. kalo temen" ada beberapa kali di dunia astral jangan heran kalo melihat orang" melakukan hal statis, karena mereka yang melakukan hal statis adalah orang yang sedang tertidur dan tanpa disengaja masuk ke dunia astral.

    sampe sekarang saya masih melakukan astral hanya untuk sekedar bertemu teman" yang saya kenal di dunia tersebut *mereka manusia seperti kita yang mempunyai kemampuan astral (astral traveller). bahkan sampe saaat ini pun saya belum pernah bertemu dengan mereka di dunia nyata karena mereka terbagi di belahan dunia lain, salah satunya yang paling dekat dengan saya adalah sorang dosen ilmu metafisik dari kansas, amerika.

    mungkin kebanyakan dari temen" ingin melakukan astral namun terkadang takut untuk merasakan proses pembelahan jiwa, sebenarnya tidak usah takut karena jiwa kita akan masih tetap bisa kembali ke tubuh asli. karena saya saja masih tetap bisa menggerakan kaki saya meskipun dalam kondisi astral, nah disini penjelasan meskipun jiwa kita melayang namun otak kita masih berada dalam posisinya untuk mengatur semua yang kita inginkan, baik mengembalikan jiwa kedalam tubuh atau mengeggerak"an kaki.

    hantu? mungkin lebih tepatnya penghuni asli dunia astral, karena mereka sama seperti kita sebagai manusia yang menghuni dunia yang kita sebut sebagai bumi. tampang mereka memang sangat asing kita lihat, dan mungkin mereka pun melihat kita sangat asing. memang ada penghuni disana yang selalu bikin para traveller merasa tidak nyaman, kita sering sebut mahluk itu sebagai "entity"..

    ada banyak hal yang bisa kita lakukan disana mulai dari, belajar, bersosial, bahkan semua hal yang kita belum pernah liat di dunia nyata mungkin kita bisa liat disana. oh iya' sekedar tambahan informasi disana pun hukum karma / dosa tetap berlaku loh, jd jangan sembarang yahh ;)

    sekian informasi yang bisa saya berikan, mungkin dapat di ambil positifnya sebagai ilmu buat temen" semua.. :D

    ReplyDelete
  75. @rizky: gw roy, yg nyebabin tali perak putus itu diputusin sama makhluk ghaib, klo ketemu mending lari

    ReplyDelete
  76. @rizky: yg nyebabin putus makhluk ghaib, klo ketemu mending kabur..gw aja pernah ditindihin, dah gw ceritain kan?

    ReplyDelete
  77. Udh sering berasil, pas pertama berasil langsung deg"an bgt ngeliat tubuh asli terdampar dikasur,,

    ReplyDelete
  78. @roy roy: wew bahaya banget tu gan, oia gan gw pnya 1 prtnyaan. apa prnh kejadian orng mati gara" astral projection???

    @rafael: hehe sip deh gan (y)

    ReplyDelete
  79. @ThomasHendri: mksh yaa gan udh mw share pengalamn'a. jd nmbh info lg ni tntang astral project. tp sya mw nnya ni gan, kn agan blng dsna ada hantu atau yg disebut entity. contoh gangguan yg dilakukan entity ini sprti apa gan yg membuat para traveller itu mrsa tdk nyaman????

    ReplyDelete
  80. kalo ada 2 orang yg asral projection bareng bisa ketemu gk di dunia asral???

    ReplyDelete
  81. Wah, klu astral gitu kita bisa gk ketemu orang yang sudah meninggal atau pergi jalan k alam lain dan kembali lagi... hahahaaa

    ReplyDelete
  82. Salam temu, saya gak pernah konsentrasi tuh. Tp sebelum saya tidur, saya buat niat dan menyebutkan kata kata " saya ingin mengalami perjalanan Astral dan kembali pada saat ya saya inginkan.....Trs saya tidur deh. Gak taunya aku bangun dan ngeh asian berat banget buat buka mata. Trs bagian kepala Sdh keluar tp saya tarik lg karena takut!!!!!!! Hehe. Sekian aja

    ReplyDelete
  83. Saya sih gak pernah konsentrasi, tp pada saat saya mau tidur, saya buat niat dan nyebut kata kata " saya ingin mengalami perjalanan Astral, dan kembali pada saat yang saya inginkan." Trs saya tdr deh, gak taunya tiba tiba saya bangun dan neraca berat banget buat buka mata, kepala saya Sdh keluar tp saya tarik lg karena takut!! Hehe. Kl misal di dunia nyata kita takut mahluk halus, kl di dunia Astral kita juga takut gak?

    ReplyDelete
  84. Saya tau dari temen awal nya saya takut kalau tidak bisa kembali lagi. Saya udah coba tadi gan , Memang kita ketemu orang2 aneh di sana. SAya aja awal nya takut tapi ∂єηgαη kosentrasi yang tinggi dan fokus sama yang kita inginkan semua nya jadi seru loh!!
    Pikirkan aja apa yang kita minta semua akan terjadi :)
    Pkok nyo jangan takut deh!!

    ReplyDelete
  85. Gan...!
    Mau nanya...?
    Pd saat saya tidur jam 8 malam,saya bangun j@m 01 malam.
    S'tlah beberapa menit saya Buka fb...
    Saya tidur l'gie....
    Pd saat itu Kepala saya dan tubuh tidak bisa digerakan..!
    Apa arti'nya itu...!
    MOHON PENCERAHANNYA....

    ReplyDelete
  86. @anonim: bs gan, astral itu sprti dunia asli jg. cuma beda'a orng yg gk punya mta bathin tdk bs mlihat kita. itu sya dpt dri teman saya hehehe

    @Fred: waah klau itu syng kurng tau gan, cba deh tnya sma yg lbh ahli lg hehe..

    @anggan: sya dpt gmbaran jg gan dri teman sya yg sudh brhasil astral ni. itu trgntung keberanian kta jg gan. klau kta'a takut di dunia nyata, di dunia astral pun sprti itu. dan kata'a makhluk halus dunia astral sngat brbahaya gan...

    @okta: sip deeehh gan :)

    @genzio: sma kita gan, usaha trus yok. sya jg trus brusaha ni, mmng agak sulit kta'a...

    @reza: nnti kna kondisi sleep paralize gan?? kyk di tindih gitu gk kondisi'a??

    ReplyDelete
  87. masih Gagal gan dan Q masih takut kalau tidak bisa balik ke tubuh asli'ku.. :(

    ReplyDelete
  88. Terima Kasih Atas Infonya

    ReplyDelete
  89. saya biasanya pakek lucid dream emang seru,kita bisa mengatur kehidupan sendiri ,tapi saya mau nyobain astral project,tapi susah banget gan,.

    ReplyDelete
  90. adik sepupu saya sudah berhasil tp anehnya dia tdk bsa kembali ke tubuhnya sendiri

    ReplyDelete
  91. adik saya berhasil tp anehnya dia tdk bsa kembali ke tubuhnya sendiri

    ReplyDelete
  92. Ari..
    Saya baru buka blog ini, nanti malam saya mau coba... Mohon dukungannya

    ReplyDelete
  93. boleh nanya nanya disini ?

    ReplyDelete
  94. @pungky: mmng agk sulit gan hehehe..

    @anonim 1: klau lucid dream biasa'a gmana tu gan?? mksud'a cara ngelakuin'a?

    @erzan: jd cmna tu gan?? kejebak di dunia astral gitu??

    @anonim 2: sipp

    @anonim 3: boleh gan, mw nnya apa??

    ReplyDelete
  95. @alvin: cra'a gmna tu gan?? hehehe.. dan prbedaan'a dengan astral project ap gan??

    ReplyDelete
  96. Sore all,, mau share nih...

    Dulu waktu SMA pas lagi tidur, tapi antara sadar dan tak sadar, gw ngerasain tubuh gw berat banget n ga bs digerakin, cuma bola mata yg bs digerakin, tapi ttp terpejam.. nafas gw juga udah berat banget, kuping berdengung, detak jantung pelan bgt, pokoknya kyk org mau mati aja kyknya... krna gua ketakutan, akhirnya gw berdoa ma Yg di atas, biar gua bs kluar dri kondisi itu..! n akhirnya scara perlahan gw mulai sadar, tp rasanya lemes bgt wlopun smuanya udh bs digerakin..
    Nah, hal yg gw alamin itu apa ya? soalnya ciri2 nya kyk mau masuk ke alam astral, coz di atas dijelasin badan terasa berat bgt..
    Mohon komentarnya gan..!

    ReplyDelete
    Replies
    1. wahh gue jg sering tug gan,, waktu masih smp sma.. gue masih di kampung,, sekarang ga pernah lagi,, ih takut

      Delete
  97. gua pernah coba tuh sobb :)

    tpiie semua badan berat hmpa banget sob .. susah kelluar dari diri berat..

    #Gimana tu Sobb..??

    ReplyDelete
  98. @junk: bs jd itu mw masuk ke kndisi astral gan, tp sblm'a mmng ad niat gak ngelakuin astral project'a??

    @welcome: sma sih kita sob, ane jg kyk gitu. sulit bnget mmng ngeluarin tubuh astral ini. coba ditmbh niat lg gan sblm ngelakuin'a. biasa'a pnyebab tubuh astral gk bs kluar krna alam bawah sadar kita gk mw tubuh kita trbelah menjadi 2

    ReplyDelete
  99. Bos, kalau meraga sukma bisa tidak menembus waktu misalnya mau ke masa lalu atau masa depan soalnya aku pernah membaca kalau benar benar bisa apa bisa kita MENGUBAH SEJARAH

    Tolong Pencerahannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau mnurut sya sih enggk bs gan. logika'a kan astral itu brsft "present" atau wktu yg skrng. jd klau ke masa lalu kek'a gk bs gan, aplgi masa depan. lagian kita kn blm mndptkn gambaran masa depan itu cmna, masa depan kan rahasia illahi gan. klau gk coba agan ksh contoh yg dimaksud dngn MENGUBAH SEJARAH itu seperti apa gan?? sejarah yg sprti apa dia gan??

      Delete
    2. saya kok bisa tau.. masa dpn lwat mimpi?? aneh.. hal2 yg mau saya lakuin d masa dpan kok tergambar jelas saat saya mimpi.. contoh: 2 minggu yg akan datang saya mimpi ber main dgn tmen2 saya.. hari ini mimpi itu terjadi.. dan menjadi kenyataan d masa dpn.. itu apa ya?? mohon penjelasan

      Delete
  100. Rusdhie strangerMay 25, 2013 at 7:30 AM

    salam kenal gan....,,, gue maw nyobaan nich tpi gue bgi pnglamn dlu yaaahhh pd saat gue tdr kan kjdianya mlm nich gan it kyaknya bdn gue ngk bsa gerak yaaaccch sprt berat tpi krn sya tkut sy baca ayat alkuran itupun bcax 3x d,ulang2 tpi alhamdulillah z msh bsa bngun tiba-tiba bdn z kyak lemas smua..... it termasuk astral protektion ataw bkn gan??? krn kjdianx kyak tips d.ats slm kenal .Rusdhie stranger name fb tlong d.add ya biar bsa bgi2 info d,fb gan

    ReplyDelete
    Replies
    1. @rusdhie: blm tntu jg gan, itu berat mmng sngaja tubuh'a di rilekskan atau tiba" berat gitu aja gan??

      Delete
  101. hay semua bagi yang pernah atau yang sudah berhasil melakukan astral projection, apakah tubuh anda merasakan evek dari astral projection seberti merasa sakit atau lelas (tenaga terkusar), bagi yang tau tolong share dampak negatifnya bagi tubuh ya,,, selaman mencoba dan mencoba lagi bagi yang belum berhasil...

    ReplyDelete
  102. gan,izin gabung donk n nanya2 ya,saya suka topik ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. boleh gan, tp sya gk bgitu pngalaman kali heehe..
      klau mw shre" bs laa gan

      Delete
  103. gan klu gk bisa balik gmna yah????
    saya pengen nyoba tapi takut :D

    ReplyDelete
  104. sya pengen banget nyoba ini gan dan kelihatannya amat seru bagi yang telah berhasil melakukan Astral Projection ini, tapi masih ada sedikit ketakutan dan keraguan membaca komentar agan2 sekalian, mulai dari bertemu makhluk astral yang berbeda spesies dgn kita (apa gue gk bakalan lari yah??), efek berat dan kelelahan terhadap tubuh (jangka panjang atau jangka pendek??), tali sukma yang bisa diputus makhluk halus (kejebak di astral world bagaimana dgn raga di dunia nyata??), ditambah efek samping yg mungkin terjadi jika kurang konsentrasi..

    Sebenarnya sya merasa udah pernah melakukan Astral Projection ini bahkan mungkin sudah berkali-kali, namun tidak dalam keadaan sadar bahwa tengah didunia astral yg memiliki tali langsung dgn kehidupan nyata dgn kondisi yg benar2 real dpt dikontrol. aplagi fenomena kejadian misterius sewaktu tidur namun ilmiah hampir semua telah sya alami seperti Sleep Paralysis (tertindih setan), Lucid Dream yg jga sya rasa pernah alami entah sadar atau tidak..

    Pengen banget rasa'nya mencoba Astral Projection secara sadar mulai dari awal sampai akhir, tapi itu tadi masih agak was2 gan. Kasih motivasi ya gan, sekaligus yg udah pernah mengalami terus share disini, kali aja kita bisa berastral bareng. Salam kenal..

    ReplyDelete
  105. saya pernah sekali malem" saya sedang mencoba tidur tetapi Sekitar 10 Menit saya Memejamkan mata saya langsung berada di tempat yg saya tidak ketahui , cahaya dan warna gedung coklat semua ketika saya mau melek lagi rasanya susah sekali akhirnya setelah berhasil bangun kepala saya Pusing dan kringat bercucuran apakah itu yang namanya "Perjalanan Astral" ??? trima kasih sebelumnya

    ReplyDelete
  106. @wijayarizky: ga lo ada cara lain ngga selain segitiga pernafasan??

    ReplyDelete
  107. ane pernah juga ngalamin hal yg namanya astral prjk ini, dulu waktu masih kecil, waktu sholat 5 waktu n tahajut g' pernah ketinggal, kangen juga masa2 itu, ane bebas kemana aja,

    ReplyDelete
  108. Saya pernah berhasil :) Cara mudahnya setelah solat hajat trus tiduran sambil baca alfatihah 1x solawat nabi 100x ayat kursi 1x al falaq 1x an naas 1x al ikhlas 1x trus niatin kalo kamu mau melakukan perjalanan astral dan minta izin dan perlindungan dari yg kuasa stelah itu baca syahadat berulang2 sampe berhasil kalo bisa saat tiduran itu fokusin mata di antara kedua alis atau mata ke tiga. Ini juga bisa buat terawangan .. Semoga berhasil :)

    ReplyDelete
  109. Untuk amalan/ bacaan selengkapnya email ke saya adhessetya@gmail.com atau mesej fb http://facebook.com/adhesetya

    ReplyDelete
  110. gan saya nih org nya penakut tapi saya pengen coba ? dan apa bener banyak mahluk seperti setan di dunia astral?

    ReplyDelete
    Replies
    1. menurut yg saya dpt info'a ada gan, malah setan itu dpt memutuskan tali antara tubuh asli sma tubuh astraal

      Delete
  111. saya udah coba meraga sukma 7 kali kok belum bisa juga yah ?

    ReplyDelete
  112. aku sudah melihat warna ungu terus apa yg harus aku lakuin

    ReplyDelete
  113. wow,ane jadi penasaran gan !!!
    Tapi takut ;-(

    ReplyDelete
  114. Mantap gan postingx...
    Gw udah 12x melakukanxa..
    Salam sukses dari minahasa manado...

    ReplyDelete
  115. saya pernah duduk santai sambil setengah ngantuk, tiba tiba merasakan badan saya terapung apung sangat ringan dan melihat badan saya yang lagi duduk. nah, apakah yang demikian adalah pengalaman astral projection?

    ReplyDelete
  116. sya pernah perhasdil 1 kali pake cara yg pertama..pas mau keluar rumah kesedot balik ke tubuh asli..abis itu badan rasanya pegel semua..mau coba lg sampe sekarang gak bisa2..

    ReplyDelete
  117. gan, smalem saya udah nglakuin tips2 ampuh diatas.
    serasa ada yang mau keluar tapi susah bnget -_- itu gmana ya? terus pas bangun badan dingin banget sama terasa berat.

    ReplyDelete
    Replies
    1. @fajar: ane jg smpt gitu gan. malah smpe 3 kli coba, tp gk berhasil juga gan. rasanya tubuh itu mw kluar, tp kyk ada sesuatu yg masih nahan. smpe skrng juju ane udh jarang coba lagi gan, mngkn coba aj trus gan, psti suatu saat bisa brhasil hehehe

      Delete
  118. Gan ane kepengen banget nyoba, tapi kenapa ya setiap ane mau nyoba ko jantung rasa nya selalu deg degan, gimana ya cara menghilangkan rasa deg degan itu ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. @ade: mngkn pengolahan nafas gan. jgn terburu-buru. pelan-pelan aja. atau bisa jg melakukan nafas perut >> tarik nafas - tahan 5 detik - buang dari mulut

      Delete
  119. klo ane jago ny maen lucid dream.....

    ReplyDelete
  120. pengen banget nih nyoba kek gini dari kelas 8 :D tapi belum terlaksana juga.. ntar deh setelah baca artikel ini gua bakalan nyoba ahh~ :D Bismillah.. ^^ man jadda wa jada,gan :D

    ReplyDelete
  121. PERJALANAN ASTRAL
    Permintaan buku gratis di sini www.astral-projection.info/id/

    ReplyDelete
  122. aku mau cobe aja ah biar kaya dalton

    ReplyDelete
  123. Wah bagus nice inpo gan saya coba nanti!!!!

    ReplyDelete
  124. gan caranya kok agak rumit ya? yg lebih simpel ada gk?

    ReplyDelete
    Replies
    1. sbnr'a gan, inti dari astral ini bagaimana kita bisa bertahan dalam gelombang otak yang rendah tp ttp sadar dan tidak tertidur. Intinya cuma fokus ke pernafasan aja. nnti ada tahap sleep paralysis dimna kita merasa seperti berputar-putar. bru yg trakhir pemisahan tubuh astral dari tubuh asli. Sensasi ini kyk kita mw melayang, tp gk trbang". Jdi cara'a untuk bs melepaskan'a pikir benda" yg ringan, kyk kapas, balon, bulu, dll

      Delete
  125. saya pernah melakukanya gan tapi gagal , ketika sukma mau keluar ada gelombang frekuensi yg ringan dan sebuah lubang berasal dari diri kita... pas gagal kita kaya kesedot ke lubang itu eh terus sadar deh gan... ga ada yg namanya ga balik lagi ke tubuh murni kita... asik kali yah kalo berhasil astral projection. bisa maen keliling dunia... gw sih ga muluk muluk... pengen ke mekkah... dan liat ka'bah.. hihhihihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. ilmu ini memang sangat sulit dikuasai gan. ane juga udh coba berkali-kali, kadang tertidur kadang bisa bertahan tapi tubuh astral sulit keluar :D
      penasaran aja yakan gimana ngerasain dunia astral hehehe..

      Delete
  126. Gan.. Ane dh Ngerasaain Dunia Astral, Lumayan Banyak Sih Setannya,Tapi Kayanya Setan Di Tempat Gua Pada Baik Dh.. Disaat Itu Setannya Gua Ajak Ngobrol, Nah Disini Nih.. Waktu Gua Liat Cewe Yang Gua Taksir, Gua Kan Pengen Nyamperin Gua Buka Pager Rumah.. Pas Gua Pengen Ke Luar Kok Ga Bisa Keluar Rasanya Tuh Gua Ditarik Ama Diri Kasar Gua.. Kan Kalo Gua Tarik Terus, Takutnya Ada Apa2.. Jadinya Gua Balik Aja Ke Dunia Asli Eh Gua Bangun Dh Jam 4..
    Tolong Jelasin Dong Kenapa Gua Ga Bisa Pergi Dari Rumah Gua Sendiri?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gan kebtulan gw udah pernah latihan astral slma 1 bulan kmren. tp hasil'a ane ttp blm bisa ngelakuin'a. gk tau deh salah'a dimana. jd drpd ane kasih info yang keliru, lebih baik agan langsung tnykan ke Fp'a langsung yaa
      Astral Project

      Delete
  127. kyknya enak gan
    tpi takut. udah baca banyak sumber..
    pernahnya lucid dream.. itupun gk sengaja

    ReplyDelete
    Replies
    1. @anonim: gimna cerita'a tu gan lucid dream gk sengaja??

      Delete
  128. Gan ane prnah alamin skli rasa udh sprti melayang gtu bergetar berputar-putar selama ane lakuin percobaan ini.

    Krna niat bnget smpe aq dalemin bnget
    Tpi smpe skrng ane msih blom bs
    Tu pun jg
    Aq rasain sensasi berputar & brgetar hnya skli
    tpi bner susah skli mw ngeluarin tubuh astral kita dri tubuh asli

    Agan bs ksih tips gmn bgus nya ^^
    Tolong pencerahan nya ane udh srius bnget pengen berhasil mw lakuin ini

    Tolong yh agan" ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. @anonim: ane juga pernah seperti yang agan rasakan, tapi ane blm berhasil juga gan. ane pernh baca cara ngeluarin tubuh astral itu ktanya byangin yang ringan". jd misalnya kalau agan udh ngerasa kyk ada yg mw keluar, tp sulit kli ngeluarinnya, bayangin aja bulu,balon,atau kapas gitu terbang ke atas perlahan-lahan. Itu menurut yang ane baca gan. klau mislnya agan mw tnya" tentang astral project lebih detailnya >>Astral Project

      Delete
    2. hm,,,,, thx yh agan info nya :D
      moga" percobaan kali ini berhasil ^^
      eh aq jg mw nanya nih
      klu buat music nemenin buat AP bgus nya ap ? tolong pencerahan nya :) thx

      Delete
    3. biasa'a sih musik mozart gan. kyk suara-suara gelombang air, burung-brung berterbangan. pokok'a musiknya bisa buat pikiran kita jadi rileks. coba aja googling gan ^^

      Delete
  129. Replies
    1. @zul: ane sndiri juga blm berhasil gan -_- kmren smpt latihan slma 1 bulan, tp sulit kli ngeluarin tubuh astral ni. jd trakhir smpe sekrang udh jarang ngelakuin lagi. kmren beberapa hari lalu nyoba lagi, itupun masih sulit :(

      Delete
    2. coba di test dengan membaca 4 ayat terakhir surat alkahfi dibaca 160x pas mlam jum'at..

      Delete
  130. ia kali ini aq baru nyoba lgi yh emg sih udh lama aq brhenti lakuin gara" gk bs" -_-
    tpi coba lgi ah :D kali >.< kali ini bisa
    AMIN ^^

    ReplyDelete
  131. ni gan aku ksi sdikit info ttg raga sukma mnurut pngalaman! Sy prnh mngalami hal d mana roh sy keluar dr tubuh sy dan itu trjadi tnpa sy sngaja,! Ad 2 cara yg prnh sy alami yaitu ketika sy ketindihan dan ketika sy tdr dg kondisi sadar menuju alam mimpi! Yg prlu agan ingat smua ketika kalian brhasil mengeluarkan tubuh astral ttp lah tenang dan jangan skali2 panik ketika kalian melihat makhluk aneh,krn ktkb kt panik nafas kt akan tertahan akibatx bs fatal sy prnh mengalamix,tp wkt itu sy cpt2 memejamkan mata dan brkonsentrasi utk trbangun.. Dan ketika kt brhasil melakukan raga sukma kt akan berada d t4 yg sama ktka kt tdr dn kt bs melihat tubuh asli kt dan suasana yg kt lihat bnr2 nyata,tp jika kalian telah brhsil tp brda d tmpat lain yg bkn t4 anda tdr sblmx dan brtemu org2 yg ingin and tmui brrti itu bknlah raga sukma.krn ketika kt brhasil kt akan melihat tubuh kembaran kt dan suasanax dg sngat nyata.! Ini bnr2 prnh sy alami,trima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. @ancalex:terima kasih gan sudah mw share pengalaman'a, semoga bisa bermanfaat bagi yang lain ^^

      Delete
  132. Mau bagi pengalaman aja nih gan,
    tepat tadi malem tgl 25 okt 2013 ane abis begadang n ngrasa udah mulai ngantuk jam3 pagi, trz ane niat mo tidur bentar ampe subuh, ehh entah kenapa pas ane tidur badan ane ngrasa di puter2, terus sepintas ane liat cahaya putih tapi samar, disitu ane mulai takut karena brgkali sukma ane keluar trz gak bisa kembali lagi, ane niatin dah buat ngangkat tangan ane trus mau ngusap muka ane sambil istighfar, ehh susah banget ngangkat tangan doang, sampe ane coba terus da ane berhasil nyentuh wajah ane dan ane mulai terbangun, pas ane buka mata ane shock, dalam hati ane bicara "perasaan tadi tangan ane lagi nempel di wajah ane kok pas buka mata tangan masih di atas kasur tertindih bantal-bantal yaa..?"
    "lah terus tadi ane ngusap muka pake apaan yaak??" :O

    entah itu astral projecion apa bukan ane juga bingung, ato mungkin cuma slepp paralyze..
    #sekedar share aja :)

    ReplyDelete
  133. Yang gue pernah rasain cuma sampe tahap slepp paralyze,, yaitu dimana kondisi gua sadar tetapi tidak bisa bergerak..

    ReplyDelete
  134. Gan ane barusan ga sengaja make yg tehnik 4 tanpa diniatin mau raga sukma,entah sukses atau apalah ane uda ngerasa sadar 100% dan awalnya ane pikir ane ketindihan jd ane rada takut dan disitu ane uda megang dan nyalain hape berharap ada cahaya spy sadar tp ane blm jg bangun,ane takut ketemu makhluk yg ga jelas soalnya yg uda2 dulu tiap kali ane,ngerasa mau lepas itu2 makhluk suka nongol terus,barusan ane bangun dan nyalain semua lampu terus ane mau tdr lagi dan ga berharap bisa lepas lagi tapi entah kenapa ngerasa rilex bgt dan ane hampir meraga sukma 2 bahkan 3 barusan. Ane takut kaga bisa balik maklum ga ngerti ttg meraga sukma hehehe

    ReplyDelete
  135. Just share aja nihh, misi bang admin !
    Kalo ngalamin sleep paralyze (tindihan) coba tenangin aja, itu bisa jadi gerbang masuk ke alam bawah sadar kita ..
    Suatu saat pernah gw sering bgt tindihan, emg sihh panik tp krna sering gw tenangin diri akhirnya bisa masuk .. Tp menurut gw itu masih Lucid Dream, kalo Astral Projection belom pernah kaya'ny, thx gan :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. @anonim and luthfi: thx gan udh berbagi pengalaman ^^

      Delete
  136. ane pernah gak sengaja dapet sleep paralize, trus ane konsentrasi, tau2 dah bangun aja dan duduk di pinggir kasur, tp dah gak sadar tuh pas dah duduk, gak inget mau liat badan kasar. Tau2 malah jadi mimpi.

    ReplyDelete
  137. cara menghilangkan perasaan takut gmn yaa gan....

    ReplyDelete
    Replies
    1. benny: agan takutnya krna ap ini gan?? krna takut gak bisa kembali lagi mksud agan??

      Delete
  138. Saya sering astral project gitu, tapj bukan karna kemauan sendiri, yah tiba2 aja saya ngeliat saya sendiri tidur. Saya juga pernah sesekali bertemu makhluk2 sprti itu, tapi anehnya mereka tdk melihat saya. Sekalinya mereka melihat saya mereka hanya diem

    ReplyDelete
    Replies
    1. @nazaretha: berarti gk sengaja gitu yaa gan?? mantap juga tu gan. ane nyoba berkali-kli susah kali -_-

      Delete
  139. Astral projection adalah maksimalisasi "subconsius mind" tentunya dengan teknik-teknik astral. subconsius mind sifatnya intuitif dengan kata lain bahwa subconsius mind memiliki kemampuan ESP(estra sensory perpection), untuk bisa masuk pada dimensi astral, gelombang harus di setup di kisaran alfa dan theta atau 13-5 hz sikl;us per detik

    ReplyDelete
  140. lebih baik jangan deh melakukan praktek seperti itu,,,

    bila tidak ada keyakinan pada YME.....

    apalagi bagi yg masih awam, salah salah tubuh anda dikuasai mahluk jin yg menyebabkan anda jadi merasa berat, lelah, malas,,, dan emosi anda akan tidak stabil.

    ReplyDelete
  141. permisi mw share sj nhii ,, aq thu orang'a pling susah tidur klo dikamar sndri mkanya sering tidur di kamar ortu hehehe .. tapi skrng aq sdh tdur dikamar sendri karna baca doa trus mkanya gk takut , dulu sbelum tdur dikmar ortu itu kn emg tdur dikamar sndiri kira" waktu aq SMP lh, pas tdur aq thu sring kyk ketindihan gtu bdan gk bisa gerak dan kringat dingin kluar, aq pkir ada hantu atau mahluk halus yg tindih bdan q , dan itu aq alami stiap hari stiap malam stiap tdur dikamar q wktu SMP , mka itu sdh gk brani krna aq pkir digangguin mahluk halus jadinya aq tdur dikamar ortu ,, tapi skrang aq sudah kuliah smester prtama aq cba lg tidur dikamar q krna tkut dosa tidur sma ortu mulu hehe.. disitu aq sdh gk ngalamin ktindihan ,, tapi sma sperti byasa aq gk bisa tidur mngkin krna byk pkiran yaa... trus aq seacrh google agar bisa tdur dgn tnang itu gmna .. akhirnya aq liat cranya jgn byk pkiran itu sj , ya udh mlamnya aq tdur baca doa lalu tidur aq konsentrasi dstu spya pkiran" di otak q mnghilang lalu aq mmg ngerasa ngntuk tapi tubuh q beratt bngeett rasanya dan sperti badan dibagian jantung smpai perut itu kyk rsa roh q mau kluar .. dan akhirnya aku mnemukan blog ini yg critanya tntang astral project , yaa aq pkir aq ngalamin astral project ini stiap mlam dan stiap hari.. klo nyawa mau dicabut kn itu dari kaki smpe ke kepala , tapi ini aq ngerasa roh dari bagian jantung smpe perut sperti mau kcabut jdi aq pkir kyknya slama ini yg aku alamin itu astral project .. dan klo untuk lucid dream jg bru dngar kyknya aq slalu ngalamin hal itu juga .. sbenarnya aq ini orang yg tukang menghayal slalu membuat crita" yg aku atur sndri mngkin itu yg mnyebabkan aq bisa ngalamin sperti itu .. thax skedar share sj y tlong dibales ya .. ksh solusi biar aq bisa tidur dgn tnang :) terima kasih ^_^ owh iyaa nama q fitria 17 th :)

    ReplyDelete
  142. owh iyaa satu lagi waktu itu aq pernah bangun tidur pas waktu pagi" gtu aq liatin tangan aq ada luka goresan gk sakit sih tp lama klamaan jdi sakit tp herannya waktu malam itu pas tdur gk da luka gores ditangan .. dan kejadian ini sdh 2x aq alami tp yg ke2 itu memarr di bagian kaki .. memarnya biru sperti dipkulin gtu .. pdahal aq tdur sndri dan gk ada orang" disamping q... aq mau tnya apa aq ini tidur dan bermimpi sperti dipkulin tapi pas itu lukanya mncul di dunia nyata? tapi aq gk ingat sama skali mmpi q ..

    ReplyDelete
  143. info Gan ^_^
    untuk yang sudah berhasil dan yg pernah di kejar" Hantu atau di sebut di dunia astral "Etity"
    tolong simak
    buat yg pernah di kejar hantu atau "Etity" pas di dunia Astral
    itu bakal ada waktu cukup lama untuk di kejar
    sebelum si "Etity" mengejar mu
    si "Etity" bakal perhatikan Batin mu
    jika Pola batin mu Berputar brbntuk kotak
    itu berarti kmu berpikir yg tidak baik
    dan itu akan memudahkan si "Etity" untuk menangkap mu.

    tapi jika Pola batin mu berputar dan tidak berbentuk(ber-ubah")
    si "Etity" hanya dapat melihat anda dari jauh saja dan tidak akan dekat ama kmu.

    nah Si "Etity" ini mempunyai sifat yg beda"
    antara lain yg pernah gw lihat
    dan cara bedain sifat si "Etity"
    hnya dgn mlihat wrna Aura si "Etity" Berikut yg pernah gw liat n gw kenali sifat'a
    - Warna aura kuning ke-emasan adlh kprihatinan aklak,sifat dan sikap sesuai dgn mu di dunia nyata
    - yang 1 ini yg harus anda waswas Warna aura ungu padat keegoisan,dengki n benci di dunia nyata mu sama persis dgn "Etity" ini
    - warna aura merah berkilauan "Etity" yg bermain" dgn Benang Perak di tubuh Astralyz mu( klo ketemu lngsung pikirkan hal yg membuat benang perak anda terhindar dari "Etity" ini)
    - Warna aura coklat mengkilap adlah "Etity" peneror setiap perjalanan Astral anda
    (Ketika di kejar tubuh nyata anda bakal basa kuyup n sngat kelelahan)(sebaiknya langsung brpikir balik ke tubuh nyata) kemudian meditasi dgn mengatur pola nafas selama beberpa hari dan coba balik n jgn takut utk balik ke dunia Astralyz krna itu
    tantangan yg gk pernah ilang di dunia Astralyz..

    nih gw berisaran biar gak sering-sering ketemu "Etity"
    sebelum melakukan proses masuk ke dunia Astral
    coba ucapin dan hayati " saya ke dunia astral hanya datang untuk menenangkan pikiran dunia nyata saya"

    setelah itu lakukan proses masuk ke dunia astral

    ett...ettt.ett.. ingat jgan coba-coba untuk membuat yg tidak di perkenankan
    oleh sang-maha Pencipta
    membuat dosa di dunia Astralyz sama sperti membuat dosa di Dunia Nyata
    Karma di dunia Astralyz sama sperti Karma di Dunia Nyata



    Reply yg mw bertanya sesuatu
    Sapa tahu aja gw bisa ber-bagi pengalaman yg terjadi di dunia Astral gw
    bisa gw pencerahan dikit...


    []cHell[]

    ReplyDelete
  144. gue sering kayak tidur ketindihan gt,, tp dlm fkiran gue ngeliat sinar silau gt,, dusih opas smp sma,, kya mw mati gt,, takut stngah mati ..

    ReplyDelete
  145. Sebenarnya bisa di gangguin dan tidak di gangguin itu tergantung kita.
    Saya ambil contoh, ada orang yang menggunakan Cahayo Allah, Nur yang langsung dari Allah yang berasal dari langit dan tidak terputus kedalam batin, dari Nur tersebut kita bentuk badan Cahaya. Jadi Allah sebagai Sumber dan kita hanya sebagai pemantul yang membentuk badan Cahaya.
    Yang ini sangat aman sekali, bahkan ketika saya keluar dan masuk ke Istana Iblis terkuat pun, mereka ga bisa melihat saya. Dan pernah saya tunjukkin Didepan Raja Jin badan Astral saya yang bersumber dari Cahaya Allah, mereka menakuti2 saya klo sambungan tali antara tubuh fisik dan astral di putus maka saya koit, hehehe...
    Saya tertawa dengan omongan ntu Raja Jin pas saya lagi AP, dia aja ga bisa liat talinya, gimana mau putusnya, hehehe...
    Lalu ya tali putihnya saya kasih liat aj, dan dia kaget, tali berupa cahaya warna putih yang terang benderang. Trus di suruh pasukannya mutusin ntu tali, bukannya ntu tali putus malah tangan ntu pasukan putus. Trus ntu Raja Jin saya matiin aj sekalian.
    Ini cuma sharing aj, makanya tergantung kita, klo memang waktu AP karena Allah, yaitu memang dengan Cahaya Allah, Insyaallah Aman. Tapi klo udah tujuan rasis, intel (mata2) urusan dunia, jangan harap selamat di luar tubuh fisik kita dech.
    Semoga bermanfaat.

    ReplyDelete
    Replies
    1. gimana caranya gan? ksih tau dong hihihihi

      Delete
  146. salam kesabaran gan...
    saya punya niat ingin meraga sukma sampai saya bergabung di group fb astral
    saya sampai hari ini masih ketika setengah tidur saya melihat suatu lorong berwarna ungu setelah saya di kasih buku panduan oleh group viagem astral saya mencoba untuk bersabar untuk mencapai tingkat selanjutnya tetap bersabar kawan....

    ReplyDelete
  147. aku malah baru tau ini yang namanya astral proj. apa sama kayak --eureup2-- (bhs sunda).. gkgkgk. soalnya aku sering banget kayak gini. malah, setiap ada keluarga ku yang kena musibah/meninggal dunia, aku pasti ngalamin... selalu kayak diseret keluar dari badanku, ringan banget, dan bener2 ngeliat hal yang gx aku liat sehari2...

    ReplyDelete
  148. tertarik sama AP ini gan, tapi gw di dunia nyata aja penakut, apalagi kalo di dunia astral. pengen nyoba sih, tapi gw ngeri sama mahluk2 itu. caranya gimana sih gan biar kagak takut. mohon komentarnya :)

    ReplyDelete
  149. Permisi agan2...
    Saya belum pernah nyobain teknik ini, tapi tanpa sadar sblm tidur atau bangun tidur, pernah ngerasain.

    Kejadiannya kyak gini, pagi2 bangun tidur terasa seperti baca pesan teks atau menulis pesan teks. Tapi, pas kebangun ngecek hp ternyata ga ada pesan yg diterima atau pun yg keluar, kejadian ini berasa bener2 berasa nyata karena saya ingat apa isi pesan2 tadi itu.

    Apa ini bisa dibilang astral projection ??? Saya mikirnya, oh ini mungkin karena kangen pacar jadi alam bawah sadar saya menghayal :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. @just nuna: saya pernah juga mengalamin hal seperti itu gan. tp sepertinya bkn trmasuk astral project gan. terkadang ada mimpi yang dapat kita ingat jelas persis kejadiannya seperti apa dan ada juga mimpi yang begitu bangun kita langsung lupa mimpinyaa...

      Delete
  150. Aku juga pernah melakukan astral projection wkt kelas 3 SMA.
    Hampir berhasil, tp melakukannya setengah sadar.
    Aku kaget wkt melihat tangan kiriku ada 2. Saat aku gerakkan tangan kiri yg satunya cuma terkulai lemas.
    Pandangan k seisi ruangan sangat jelas.
    Tp karena kaget itu tubuhku menjadi kejang2 beberapa saat, lalu aku terbangun dan dduk.

    ReplyDelete
  151. Pengalaman astral, saya pernah mengalaminnya, ketika mau tidur, secara ga sengaja ! posisinya saya mendengar suara disekeliling saya cuman tubuh serasa di tarik keluar cuman kek dipaksa ? Ga ngerti kenapa ? Pas saya bangkit saya lihat tubuh di sebelah saya tidur, dan saya coba lihat sekitar cuman gelap dan di samping tubuh saya ada sinar lilin dan suara orang ngobrol ? Cuman saya ga nyimak apa yang di omongin ? Kejadiannya ga lama sih ? Nah pas saya sadar, saya cuman anggap saat itu saya mimpi ? cuman ga lama saya pikir begitu ibu saya bilang semalem mati lampu ? Ibu saya berusaha bangunin saya buat ngecek sikiring tapi saya ga bangun2 ?

    tapi di bilang ga sengaja saya sering seperti itu, kadang kala saya bs melihat kejadiaan di saat saya lihat tubuh saya tidur ? Tapi ga begitu lama ? Paling lama 2-3 menit mengalaminnya ?

    ReplyDelete