Desa Ini Berada di Atas Danau

Desa eksotis di atas danau di Benin


Kalau Anda membayangkan tentang desa, pasti yang pertama kali terpikirkan oleh Anda adalah suasana yang sejuk, nyaman, di mana terdapat banyak pohon-pohon yang hijau, polusi masih sangat minim, banyak orang yang bermata pencahariaan sebagai petani. 

Akan tetapi, lain halnya dengan desa yang satu ini. Ganive adalah sebuah desa yang bisa dikatakan sangat aneh. Desa ini dibangun di atas Danau Nokoue. Danau ini terletak tidak jauh dari Kota Cotonou, ibukota dan kota terbesar di Republik Benin, Afrika Barat.

Sejarah Desa Ganive (Desa di atas danau)


Desa ini berdiri dan berada di tengah-tengah danau dan dihuni sekitar 20.000 orang. Desa ini termasuk desa danau terbesar di kawasan Afrika. Desa ini juga sangat sering dikunjungi para wisatawan. Sebagian besar penduduk desa percaya bahwa orang-orang dari suku Tofinu membangun desa di atas danau ini pada abad ke-16. Tujuannya adalah melarikan diri dari budak yang berasal dari suku Fon yang tidak diizinkan masuk ke dalam air karena alasan agama. Ini membuat mereka aman tinggal di atas danau tersebut.

Ternyata desa ini juga sangat lengkap. Dalam arti kata, di dalam desa tersebut ada toko-toko dan restoran yang dibangun di atas panggung. Ada juga pasar terapung tempat para wanita desa menjual barang dagangan mereka. Tidak hanya itu, toko souvenir (hadiah) juga ada di desa ini.

Mata pencaharian penduduk di desa tersebut sebagian besar bergantung pada hasil perikanan dan pariwisata. Nelayan menagkap ikan dengan menggunakan jaring yang dipasang di setiap bambu yang mereka buat sendiri. Hasil tangkap ikan tersebut akan dijual ke restoran, kemudian disajikan kepada para wisatawan yang mengunjungi desa tersebut.

Berikut foto dari Desa Ganvie tersebut


Desa Ganvie



Sekian artikel saya tentang desa yang dibangun di atas danau, semoga bermanfaat yaa ^^

Baca juga artikel lainnya tentang 

sumber: koran analisa

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Desa Ini Berada di Atas Danau"

Posting Komentar