4 Macam Tipe Kepribadian

Macam-Macam Tipe Kepribadian Manusia


Personallity atau biasa yang disebut kepribadian pasti dimiliki setiap orang. Seperti yang pernah saya katakan pada artikel saya yang berjudul 7 Kepribadian yang Disukai, Kepribadian merupakan topeng yang selalu digunakan orang setiap saat dimanapun dia berada. Fungsinya agar mereka bisa diterima dilingkungan mereka. Contohnya, apakah calon gubernur atau presiden membantu orang-orang susah karena memang memiliki kepribadian yang tulus atau ada maunya?? Jika seseorang menunjukkan sikap aslinya dihadapan orang-orang, otomatis dia akan sulit diterima di lingkungannya. Nah, itu sekilas tentang kepribadian, sekarang kita akan bahas 4 tipe kepribadian menurut Hippocrates. Akan tetapi, jika anda ingin mengetahui tentang kepribadian lebih dalam lagi, bisa baca pada artikel saya Sejarah Pengembangan Kepribadian

Hippocrates adalah bapak ilmu kedokteran, dia membahas manusia dari titik tolak konstitusional. Terpengaruh oleh kosmologi empedokles, yang mengatakan bahwa alam semesta isinya tersusun dari empat unsur dasar yaitu; tanah, air, udara, dan api. Dengan sifat-sifat yang didukungnya yaitu; kering, basah, dingin, dan panas. Dari situlah, akhirnya Hippocrates berpendapat bahwa dalam diri seseorang terdapat empat macam sifat-sifat yang didukung oleh keadaan konstitusional berupa cairan-cairan yang ada dalam tubuh orang tersebut, antara lain:

  • Sifat kering terdapat dalam chole
  • Sifat basah terdapat dalam melanchole
  • Sifat dingin terdapat dalam phegma
  • Sifat panas terdapat dalam sanguis

4 Tipe Kepribadian Manusia Menurut Hippocrates



1.Tipe Kepribadian Kolerik/Chole


Tipe Kepribadian

Seseorang yang memiliki tipe kepribadian ini sangat berorientasi pada pekerjaan, dan tugas. Dia adalah seseorang yang mempunyai disiplin kerja yang sangat tinggi. Kelebihan dia bisa melaksanakan tugas dengan setia dan bertanggung jawab dengan tugas yang diembannya. Kekurangannya kolerik kurang bisa merasakan perasaan orang lain, belas kasihannya terhadap penderitaan orang lain sangat minim, karena tipe perasaannya kurang bermain.

2.Tipe Kepribadian Melancholis/melanchole

Tipe Kepribadian

Sering dengar kata melancholis?? apa yang terlintas dalam pikiran anda?? seseorang yang lemah lembut?? yaa anda benar. Tipe ini sangat terobsesi dengan karya yang paling bagus, sempurna, mengerti estetika keindahan hidup ini dan perasaannya sangat kuat, dan sensitif. Kelembahan tipe melankolik adalah sangat mudah dikuasai oleh perasaannya. Tidak mudah bagi seorang melankolis untuk bangkit, senang, atau tertawa. 

3.Tipe Kepribadian Flegmatis/phegma

Tipe Kepribadian
Tipe Flegmatik adalah orang yang cenderung tentang dan dari luar cenderung tidak bermosi. Tipe ini mampu menyembunyikan emosinya, misalnya, sedang senang, sedih, dll. Orang ini cukup menguasi dirinya dengan cukup baik dan introspektif sekali, memikirkan ke dalam, bisa melihat, menatap dan memikirkan masalah-masalah yang terjadi di sekitarnnya. Dia adalah seorang pengamat yang kuat, penonton yang tajam dan juga seorang pengkritik yang berbobot. Akan tetapi, kelemahan dari tipe ini cenderung mau ambil mudahnya, tidak mau susah. Hal ini membuat tipe ini menjadi orang yang kurang mau berkorban bagi orang lain.

4.Tipe Kepribadian Sanguin/sanguis


Tipe Kepribadian


Tipe sanguis mempunyai banyak kekuatan, bersemangat, mempunyai gairah hidup, dan bisa membuat lingkungannya gembira, senang, Namun kelembahan dari tipe ini cenderung impulsive (bertindak sesuai emosi atau keiinginannya). Orang-orang dengan tipe ini mudah sekali dipengaruhi oleh lingkungannya dan ransangan-ransangan dari luar dirinya. Tipe sanguin kurang dapat menguasi dirinya. Dalam bukunya Tim LaHaye, orang-orang dengan tipe sanguin cenderung mudah jatuh ke dalam percobaan, karena goadaan dari luat bisa begitu memikatnya.

Seperti itulah manusia, masing-masing mempunyai kekurangan dan kelebihan. Tinggal bagaimana kita memanfaatkan kekurangan kita menjadi hal yang baik dan bukan malah menjatuhkan kita 

Sekian artikel saya tentang

tipe kepribadian manusia

semoga bermanfaat ^^



Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "4 Macam Tipe Kepribadian"

Posting Komentar