Mari Semangat Bermain Rubik!!

Rubik??? Saya yakin permainan ini sudah tidak asing lagi di mata kita. Bentuknya yang mirip permainan anak-anak ini, ternyata menyimpan berjuta misteri untuk bisa diselesaikan. Rubik mempunyai 6 bidang, dimana setiap bidang terdiri dari 9 warna yang sama. Tugas kita adalah membuat 6 bidang tersebut memiliki warna yang semua. Untuk lebih jelas bisa lihat gambar di bawah ini.



Gambar di atas menunjukkan rubik yang telah "solve". Akan tetapi, butuh berapa lama untuk menyelesaikan permainan ini?? Jika kalian menggunakan rumus, maka kalian bisa menyelesaikan permainan ini lebih kurang 1 minggu. Akan tetapi, jika kalian mencoba menyelesaikan permainan ini dengan kemampuan otak kalian, mungkin waktunya akan lebih lama. Bisa jadi, 1 bulan, 6 bulan, bahkan sampai dengan 1 tahun.

Hari ini, saya tidak mengajarkan bagaimana cara menyelesaikan permainan ini, tapi saya ingin membagi pengalaman saya dalam menyelesaikan permainan ini. Semoga bisa menjadi semangat untuk para cubers atau pun orang yang ingin mencoba permainan ini.

Kejadiannya sekitar 3 tahun yang lalu dimana saat itu saya masih kelas 1 SMA. Tepatnya pada hari Jum'at, dimana saat itu saya pulang dengan tante saya. Tanpa sengaja saya melihat permainan tersebut di mobil tante saya. Lalu, saya langsung mencoba menyelesaikan permainan itu. Yang pertama kali terbenak di pikiran saya adalah ini permainan yang mudah, tapi ketika saya mencoba untuk menyelesaikan 1 bidang saja sudah terasa sulit sekali hahaha..

Akan tetapi, hal itu tidak mematahkan semangat saya. Saya juga tidak tahu apa yang rasakan waktu mencoba permainan ini, tapi saya yakin dalam diri saya bahwa "Saya pasti bisa menyelesaikan permainan ini". Begitu sampai di rumah, saya langsung mencoba kembali permainan ini. Singkat cerita, hampir 2 minggu saya mencoba permainan ini, saya mulai merasa putus asa. Karena saya tidak pernah mendapatkan cara untuk bisa menyelesaikan bidang kedua dari rubik ini. Akan tetapi, pada malam harinya saya seperti mendapatkan "insight" dari otak saya. Tanpa sengaja, saya menemukan putaran yang tepat untuk menyelesaikan bidang kedua. Begitu saya berhasil menyelesaikan bidang kedua, semangat saya muncul kembali bak api yang berkobar-kobar ^^

Selanjutnya, saya akan menyelesaikan bidang ketiga. Akan tetapi, pada saat mencoba menemukan cara untuk menyelesaikan bidang ketiga, saya tidak merasa putus asa. Karena saya percaya kata hati saya, bahwa "saya pasti menemukan jalannya". Singkat cerita lagi, tiap hari saya terus bermain rubik mulai dari pagi, siang, dan malam untuk menemukan putaran yang tepat. Akhirnya, hampir seminggu lebih saya terus memutar-mutar itu rubik dan secara tidak sengaja lagi saya menemukan putaran yang tepat untuk menyelesaikan bidang ketiga. Total untuk menyelesaikan 3 bidang, hampir 3 minggu lebih.

Akan tetapi, untuk menyelesaikan bidang keempat, saya tidak membutuhkan waktu yang lama. Hanya sekitar 1 hari, karena caranya yang hampir sama seperti menyelesaikan bidang ketiga. Hingga akhirnya, saya juga berhasil menyelesaikan bidang kelima dan keenam dalam waktu yang tidak begitu lama, sekitar 3 hari. Jadi total, saya menyelesaikan permainan ini sekitar 1 bulan lebih sikit hehehe..

Sebenarnya dari cerita di atas, saya bukan bermaksud untuk pamer bahwa saya bisa menyelesaikan rubik tanpa menggunakan "method" ataupun rumus. Akan tetapi, yang ingin saya beritahu, bahwa "Jika kalian punya semangat, jika kalian punya keiinginan, dan jika kalian punya kemauan, maka kalian bisa menyelesaikan masalah apapun dalam hidup kalian dan kalian juga mampu mencapai suatu hal yang kalian inginkanIntinya adalah “keyakinan dalam diri sendiri

Guru bahasa inggris saya juga selalu bilang seperti ini "There is a.will and there is a.way"
Sekian artikel ini, semoga bermanfaat yaa ^^
Yang ingin belajar rubik pake rumus, bisa baca artikel saya yang satu ini >> Apa itu Rubik's Cube??

Baca artikel yang lain yukk ^^


Subscribe to receive free email updates:

4 Responses to "Mari Semangat Bermain Rubik!!"

  1. sore2 jalan2 ke blog para sobat.......http://dennyaby321.blogspot.com/

    blog wallking ya sob, and salam kenal.

    BalasHapus