Makalah Polusi untuk IKD



Pembagian Polusi terbagi 3
  1. Polusi Udara adalah kehadiran satu atau lebih subtansi fisik, kimia,atau biologi di atmosfer bumi yang dapat membahayakan kesehatan manusia, hewan, dan tumbuhan, menggangu estika dan kenyamanan, serta merusak properti
  2. Polusi Air adalah adanya suatu zat yang membuat perubahan keadaan air seperti sungai, danau, dan lautan akibat kegiatan manusia.
  3. Polusi Tanah adalah adanya suatu unsur/zat kimia yang masuk ke dalam tanah dan dapat merusak struktur alami tanah tersebut.
Penyebab dari Polusi
  1. Polusi udara disebabkan karena asap dari kendaraan, gunung merapi, kebakaran hutan, asap rokok, pembakaran, indusri,dll.
  2. Polusi air disebabkan karena pembuangan limbah pabrik yang sembarangan seperi logam-logam berat, pencemaran air oleh sampah, sampah organik seperi air comberan yang menyebabkan kebutuhan oksigen dalam air semakin berkurang dan berdampak parah terhadap seluruh ekositem
  3. Polusi Tanah disebabkan karena pembuangan zat-zat kimia ke dalam tanah seperti limbah detergen, sisa-sisa pestisida dari daerah pertanian, sampah rumah tangga, oli, tinja, cat. Jika terserap dalam tanah akan membunuh mikrooganisme yang ada dalam tanah. Jika dilakukan terus-menerus akan membuat tanah sulit menyerap air dan tanah menjadi tidak subur.
Dampak dari Polusi
  1. Polusi udara memiliki dampak kesehatan terhadap manusia seperti penyakit asma, bronkitis. Polusi udara juga dapat menyebabkan hujan asam yang dikarenakan air yang naik karena evaporasi bergabung dengan zat SO2 dan NO2 yang membuat ph air menjadi tidak stabil. Kerusakan lapisan ozon, efek rumah kaca, dan pemasan global juga merupakan dampak dari polusi udara.
  2. Polusi air memiliki dampak seperti terganggung organisme di dalam air, kematian biota kuno seperti plankton, pendangkalan dasar perairan, dan terjadinya ledakan ganggang dan tumbuhan air.
  3. Polusi tanah memiliki dampak seperti tanah tidak menjadi subur, sulit menyerap air, membunuh mikroorganisme yang ada di dalam tanah.
Upaya yang dilakukan untuk mengatasi Polusi
  1. Polusi udara dapat diatasi dengan menanam pohon di daerah-daerah yang polusinya tinggi, pembatasan usia kendaraan seperti angkutan umum yang sudah tua yang dapat mengeluarkan asap yang sangat banyak, pemberian izin angkutan umum hendaknya dibatasi dan perbanyak angkutan massal seperti bus dan kereta api, kemacetan lalu lintas dapat menyebabkan polusi yang sangat banyak. Oleh sebab itu pengaturan lalu lintas, rambu-rambu harus lebih ditegaskan bagi setiap pengendaran.
  2. Polusi air dapat diatasi dengan memberikan sanksi yang tegas bagi pabrik yang membuang limbah sembarang, jangan membuat sampah ke dalam selokan ataupun yang lainnya, memperluas gerakan penghijauan, memberikan kesadaran kepada masyarakat pentingnya air bagi kehidupan, dll.
  3. Polusi tanah dapat diatasi dengan memberikan kesadaran kepada masyakat pentingnya tanah, jangan membuat limbah ke dalam tanah, ganti penggunaan pestisida dengan pupuk kompos yang dapat menyuburkan tanah. 

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Makalah Polusi untuk IKD"

Posting Komentar