Monday, September 17, 2012

Bahaya dan Manfaat Minum Air Putih


Hai,setelah postingan kemarin saya berjudul Apakah kamu orang yang sombong?
Hari ini saya mau berbagi tentang Bahaya dan Manfaat Dari Air Putih

Air merupakan sumber mineral yang dibutuhkan tubuh kita. Sekitar 80% tubuh manusia terdiri dari air. Otak dan darah adalah dua organ penting yang memiliki kadar air di atas 80%. Otak memiliki komponen air sebanyak 90%, sementara darah memiliki komponen air 95%. Biasanya manusia membutuhkan sekitar 6-8 gelas per hari air putih untuk mengganti cairan tubuh yang hilang. Jika kurang dari 6-8 gelas,mungkin kita bisa mengalami "Dehidrasi"

Apakah itu dehidrasi??

Dehidrasi adalah gangguan dalam keseimbangan cairan atau air pada tubuh. Hal ini terjadi karena pengeluaran air lebih banyak daripada pemasukan (misalnya minum). Gangguan kehilangan cairan tubuh ini disertai dengan gangguan keseimbangan zat elektrolit tubuh.
Dehidarasi terjadi karena:
§  kekurangan zat natrium
§  kekurangan air;

Lalu apa Bahaya dan Manfaat Air bagi kita??

Manfaat Air Putih:
  • Air putih bisa memperlancar peredaran darah
  • Air putih bisa menguruskan badan,
  • Air bisa membuat tubuh lebih bugar
  • Air bisa membuang toksin/racun dalam tubuh
  • Air membuat urine menjadi putih,karena urine kuning biasanya terdapat banyak racun yang bisa menyebabkan penyakit
  • Air dapat menyehatkan jantung
  • Air dapat memperlancar proses pencernaan
Apa penyebab jika mengonsumsi air terlalu berlebihan??

Orang yang mengonsumsi air terlalu berlebihan biasanya disebut "Hyper Hydration",dalam kasus medis ternyata mengonsumsi air dalam jumlah yang banyak dapat menyebabkan beberapa gangguan terhadap organ di bahwa ini:

1.Ginjal

Air yang kita minum,akan menuju ginjal untuk proses penyaringan. Banyak orang yang beranggapan dengan minum air banyak dapat membersihkan ginjal. Pendapat ini tidak sepenuhnya benar,karena ginjal akan bekerja terus-menerus. Akhirnya membuat ginjal lemah dan bisa dengan mudah terserang penyakit.

2.Sel Darah Merah

Menurut pendapat ahli,terlalu banyak mengonsumsi air akan membuat sel darah mengembang,dan bila lebih banyak lagi sel darah merah tersebut akan meledak

3.Otak

Mengonsumsi air berlebihan akan membuat air terperangkap di otak kita,dan bisa menyebabkan stroke. Banyak air dapat melebarkan jaringan,dan ini sangat baik untuk pembuluh darah. Akan tetapi otak juga mengembang. Itulah sebabnya kenapa pelari Marathon,lebih senang menyiramkan air ke tubuhnya,daripada meminumnya

4. Paru-paru

Walaupun hanya air, jika bercampur dengan asam lambung saat berbalik naik keatas akan memasuki tenggorokan dan terhirup ke dalam paru-paru yang menimbulkan pneumonia.

5. Lambung

Terutama saat minum sebelum tidur. Jika masih ada cairan, isi lambung akan meluap naik menuju kerongkongan saat kita merebahkan diri. Pada saat itu, tubuh akan menyempitkan saluran pernapasan dan menghentikan pernapasan kita untuk mencegah isi lambung memasuki tenggorokan. Tindakan otomatis yang dilakukan tubuh mengentikan pernapasan agar air tidak masuk kekerongkonngan dan paru2. Selain itu, minum air terlalu banyak juga bisa membuat kapasitas lambung lebih besar, ini mengiritasi dan melukai lambung.

Kamu punya pendapat lain?? atau ingin share pengalaman kamu tentang Air Putih?? Silahkan berkomentar yaa, saya tunggu loo :)


Baca juga artikel lainnya tentang 




Sumber bahaya air putih >>Disini

Creatif By : wijaya rizky | Kumpulan Berbagai Artikel

Terimah Kasih telah membaca artikel Bahaya dan Manfaat Minum Air Putih . Yang ditulis oleh wijaya rizky .Pada hari Monday, September 17, 2012 . Jika anda ingin sebarluaskan artikel ini, mohon sertakan sumber link asli. Kritik dan saran dapat anda sampaikan melalui kotak komentar. Mohon maaf jika masih banyak kekurangan dalam penulisan dan penjelasan pada artikel ini

Reaksi:

25 comments :

  1. Wah... ternyata banyak sekali manfaat dari minum air putih ya sob... Great post and helpful. :D

    ReplyDelete
  2. Jelas aja, gan. Jika sesuatu digunakan berlebihan kemungkinan menimbulkan efek samping pasti lebih besar. Yang bagus sih, “yang sedang-sedang saja”.
    Intinya dibutuhkan kesabaran agar blog rame, mending sedikit tapi komentarnya pas dan sesuai dengan isi posting, dibanding seabrek komentar tapi agak spam (OOT).

    ReplyDelete
  3. yep stuju saya dengn pndpt agan,thx masukkannya yaa ^^

    ReplyDelete
  4. waduuueh manfaatnya memang harus bilang wuuahh, tapi koq dampaknya itu loeh yang buat jd lbh takut, jadi agak wanti2 nie..
    maklum sy pengkonsumsi air putih lebih dari delapan gelas per hari-nya jadi agak susah ngilangin kebiasaan minum terus nii..

    ReplyDelete
  5. kalau seperti itu kita harus berhati2 dalam mengkonsumsi air sebab kalau kebanyakan bisa berbahaya
    nice info

    ReplyDelete
  6. benar banget gan, minimal 8 kali. tp klau cuaca pnas mngkn bisa 10 kli hehe

    ReplyDelete
  7. Yang dimaksud air putih disini air putih mineral dalam kemasan atau air sumur / PAM yang dimasak, Kak?
    Terima kasih

    ReplyDelete
  8. royyan: 22'a gan, kan sama" air. yg jls klau mnum air jngn terlalu brlebihan ^^

    ReplyDelete
  9. Katanya lok minum air 6-8 gelas/hari bisa menambah berat badan,,, yg bnar menrunkan or manaikkan cih?

    ReplyDelete
  10. anonim: kta'a sih mnrunkan gan. itupun hrs dibarengi sma diet. krna air putih brfungsi memprctpt metabolisme tubuh. shingga pmbakarn lemak pun mnjadi cepat

    ReplyDelete
  11. waduh, saya sering meminum air sebelum tidur, itu bahayanya gmna dok ?,

    ReplyDelete
  12. yos: justu klau mnum air sblm tidur sngt dianjurkan gan. gk ad gjlan buruk'a :D

    ReplyDelete
  13. Wah ternyata banyak juga manfaatnya yah..
    thanks atas share ilmunya nih..

    ReplyDelete
  14. Setuju banget deh sama artikelnya,
    Tapi sekedar info aja kalo mau terhindar dari bahaya nya, yang aku tau sih menurut ajaran islam sih kalo lagi min itu sambil duduk dan seteguk seteguk agar membuat ginjal bekerja dengan rilex :) dan itu juga baik buat metabolisme tubuh :)

    ReplyDelete
  15. anonim: setuju gan, ane prnh baca jg tntang yg itu hehehe

    ReplyDelete
  16. wah baru tahu nih ada efek bahayanya juga, thanks buat infonya

    ReplyDelete
  17. Kalau menurut saya banyak-banyak lah untuk minum air putih yang bersih dan bebas dari kuman. Kalu banyak2x minum air putih yang tidak dimasak dengan baik tentu akan bertampak tidak baik bagi tubuh. Soo jangan khawatir lagi kalau terlalu banyak minum air putih yang bersih dan higienisss...

    ReplyDelete
  18. Jadi yg pas 6-8 gelas /hari hanya 2 literan! Kalau kerja keras n'banyhak. Keluar. Mkerungan tentu disesuaikan to gan?

    ReplyDelete
  19. Ya. Sekitar 2 literan perharilah! Klo kerja keras tinggan nyesuiin!

    ReplyDelete
  20. @jack: bnar bnget gan hehe..

    @abdul: klau pekerja krs hrs lbh bnyk gan, yg pnting tubuh jngn smpe kekurangan air ^^

    ReplyDelete
  21. Katanya minum air sebelum tidur itu sehat (1 gelas) tapi kok kabar"nya minum air bikin kerusakan ginjal dan jaringanya .. disini tadi juga dijelasin,kalo minum air sebelum tidur dpt menyempitkan saluran pernapasan?

    Bagaimana itu?? Yg mana yg bener? Issue atau aku??

    ReplyDelete
    Replies
    1. @nina: minum air 1 gelas sblm tidur bisa membuat kerusakan ginjal dan jaringan?? saya tidak mengatakan hal itu. dan air menyempitkan saluran pernafasan saya juga tidak mengatakan hal itu di artikel ini. coba anda tunjukkan paragaf yang mengatakan hal itu di artikel saya

      saya cuma bilng jngn minum air berlebihan, supaya organ-organ dalam tubuh ttp baik dan tidak terjadi kerusakan apapun

      Delete
  22. Segala sesuatu di dunia ini memang harus digunakan seporposional mungkin dengan tidak kekurangan dan juga tidak berlebihan. Begitu juga dengan air, walaupun baik bagi kesehatan namun tetap juga ada dampak buruknya bila berlebihan, paling tidak kencing tambah sering. Thx

    ReplyDelete