Bagi anda yang baru saja lulus kuliah atau
sedang membutuhkan pekerjaan tentunya anda harus bisa membuat surat lamaran
kerja untuk bisa mendapatkan pekerjaan. Saat ada di bangku sekolah mungkin anda
sudah mempelajari untuk membuatnya. Namun anda tetap membutuhkan contoh surat
lamaran kerja yang baik dan benar untuk bisa memberikan informasi yang tepat
mengenai diri anda.
Dengan mempelajari cara menulis surat lamaran
kerja yang baik ada banyak manfaat yang bisa anda dapatkan. Untuk beberapa
perusahaan yang profesional dan berpengalaman, tentunya dapat menilai dari
bagaimana anda membuat sebuah surat lamaran kerja. Sehingga anda harus
benar-benar memperhatikan setiap aspek untuk menulis surat tersebut.
Contoh Surat Lamaran Kerja yang Baik
Seperti yang anda tahu, untuk jenis surat
yang formal seperti surat lamaran kerja tentunya memiliki aturan dan format
yang harus anda penuhi dan perhatikan. Anda harus bisa memberikan informasi
yang tepat mengenai diri anda terutama yang menyangkut kualifikasi pekerja yang
diinginkan oleh perusahaan tersebut. Selain itu, kesopanan kepada atasan juga
bisa dilihat dari surat yang anda buat.
Berikut adalah aspek yang harus ada dalam
surat lamaran kerja yang anda buat.
- Tempat dan tanggal penulisan
- Nama perusahaan yang dituju, bisa dilengkapi dengan nama pemimpinnya jika anda tahu
- Kata pengantar
- Biodata singkat dari anda
- Pengalaman kerja dan kemampuan yang bisa anda lakukan
- Harapan untuk bisa bergabung dengan perusahaan tersebut
- Penutup
Cirebon, 12 Januari 2015
Kepada
Yth. Bapak/Ibu Pimpinan Paradiso
Jl. Mundu 25, Kelurahan Mundu
Cirebon
Hal : Lamaran Pekerjaan
Dengan hormat,
Yang bertandatangan di bawah ini:
Nama : Anto Wijaya
Tempat, Tanggal Lahir : Cirebon, 16-April-1990
Usia : 21 tahun
Pendidikan Terakhir : SMU 1 CIREEBON
: Mahasiswa S1 – Sastra Inggris (AKTIF)
: Mahasiswa S1 – Sastra Inggris (AKTIF)
Alamat Asal : Kelurahan Gede Bage, Kota Cirebon
Domisili : Jl.Perjuangan, No. 1 Sunyaragi Cirebon
Telepon : 08522703xxxxx
Berdasarkan
Info Kerja yang dimuat di Website dan Informasi di Koran Mingguan, saya bermaksud mengajukan
lamaran kerja pada perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin untuk menempati posisi
sebagai karyawan. Dengan bekal kemampuan yang saya miliki diantaranya mampu
mengoperasikan komputer,Teknisi Komputer, Troubleshooting Hardware,Instalasi
Hardware dan Software, Microsoft Word,Exel dan lain-lain. Saya dapat bekerja
keras, rajin dan jujur, dapat bekerja secara mandiri maupun tim.
Sebagai
bahan pertimbangan, saya lampirkan beberapa berkas sebagai berikut:
1. Foto Copy Ijazah terakhir
2. Daftar Riwayat Hidup
3. Foto Copy KTP
4. Foto ukuran 3 x 4 = 2
lembar
5. Sertifikat Ketrampilan
Khusus
Demikian
surat permohonan pekerjaan ini saya buat dengan sebenar-benarnya. Besar harapan
saya untuk dapat diterima di perusahaan yang Bapak / Ibu pimpin. Atas
perhatiannya saya ucapkan terima kasih.
Cirebon, 25 Feb 2015
Hormat
Saya,
Berdasarkan contoh tersebut terlihat bahwa
berbagai aspek dan format utama yang harus ada dalam sebuah surat lamaran
kerja. Hal yang perlu anda perhatikan adalah harus ada bagian pengantar yaitu
berisikan darimana anda mendapatkan informasi mengenai lowongan kerja tersebut.
Begitu juga dengan bagian isi dimana anda harus bisa memberikan keunggulan anda
sebagai calon pegawai yang akan bekerja.
Berikut juga beberapa hal yang perlu anda
perhatikan dalam penulisan surat lamaran kerja.
- Menggunakan Bahasa Indonesia dengan baik dan benar, terutama kata bakunya
- Format surat dilengkapi, singkat dan padat
- Buatlah sendiri surat lamaran anda
- Pastikan bahwa anda melengkapinya dengan lampiran berkas yang diinginkan atau diminta oleh perusahaan tersebut
- Jangan melakukan kecurangan dengan menulis surat lamaran yang tidak benar
Anda harus bisa menjaga kepercayaan para
pimpinan mulai dari penulisan surat lamaran kerja, karena hal tersebut
merupakan hal yang dibutuhkan oleh seorang karyawan. Biasanya setelah lolos
anda harus menjalani sesi wawancara. Sehingga jika sampai surat yang anda buat
ada yang tidak benar, maka akan segera diketahui oleh pihak HRD perusahaan
tersebut.
Dengan menggunakan surat lamaran kerja yang
terstruktur dan rapi akan menentukan apakah anda layak untuk diterima di
perusahaan tempat anda melamar atau tidak. Tentunya dengan begitu anda harus
membuat surat lamaran kerja dengan sebaik-baiknya karena surat itulah yang akan
menjadi penentu dari keberhasilan anda menjadi karyawan perusahaan tersebut.
Anda boleh mempromosikan diri sendiri dengan
cara melengkapi surat tersebut mulai dari pengalaman kerja yang anda miliki,
jenjang pendidikan yang pernah anda tempuh dan berbagai sertifikat penting.
Kelengkapan tersebut akan mendukung dan meyakinkan para pemimpin perusahaan
mengenai kemampuan yang anda miliki terutama di bidang yang diinginkan. Tidak
perlu ragu untuk memberikan mereka keyakinan bahwa anda akan menjalankan
pekerjaan dengan baik dan sesuai dengan kemampuan yang anda miliki.
0 Response to "Membuat Surat Lamaran Kerja Yang Tepat Untuk Dapat Pekerjaan"
Posting Komentar