Cara Mencegah Dehidrasi Saat Puasa Ramadhan

Mencegah dehidrasi di saat bulan puasa - Di bulan puasa sekarang ini, umat islam dianjurkan untuk berpuasa selama 1 bulan. Dimana ketika berpuasa, kita dilarang untuk makan dan minum selama waktu berpuasa. Waktu berpuasa berkisar 12 jam, yaitu dari setelah adzan subuh sampai adzan magrib tiba ( jam 7 kurang). Saat berpuasa, penyakit yang paling sering dialami adalah dehidrasi (berkurangnya cairan tubuh). 

Menurut Wikipedia, Dehidrasi adalah gangguan dalam keseimbangan cairan atau air pada tubuh. Hal ini terjadi karena pengeluaran air lebih banyak daripada pemasukan (misalnya minum). Gangguan kehilangan cairan tubuh ini disertai dengan gangguan keseimbangan zat elektrolit tubuh.
Dehidarasi terjadi karena


  • kekurangan zat natrium;
  • kekurangan air;
  • kekurangan natrium dan air.
Dehidrasi terbagi dalam tiga jenis berdasarkan penurunan berat badan, yaitu:
Dehidrasi ringan (jika penurunan cairan tubuh 5 persen dari berat badan), dehidrasi sedang (jika penurunan cairan tubuh antara 5-10 persen dari berat badan), dan dehidrasi berat (jika penurunan cairan tubuh lebih dari 10 persen dari berat badan).
Selain mengganggu keseimbangan tubuh, pada tingkat yang sudah sangat berat, dehidrasi bisa pula berujung pada penurunan kesadaran, koma, bahkan bisa saja meninggal dunia. 

Untuk mengatasi dehidrasi pada saat berpuasa, saya punya beberapa tips agar Anda terhindar dari dehidrasi.

1. Akumulasikan Jumlah Minum Air Mineral Anda

Banyak penelitian menganjurkan bahwa seharusnya kita minum 8 gelas setiap hari. Nah, hal ini juga berlaku saat kita berpuasa. Cara tepat agar kebutuhan air Anda tercukupi, minumlah 2 gelas setelah berbuka, 4 gelas saat malam, dan 2 gelas sewaktu sahur. Hal yang perlu hindari adalah minum terlalu menggebu-gebu saat berbuka. Kebanyakan dari kita, ketika saatnya berbuka segala jenis minuman pun masuk ke dalam tubuh. Memang pada saat itu juga rasa haus Anda akan hilang, tapi tunggulah beberapa jam lagi Anda akan terasa sangat haus, sedangkan tubuh Anda sudah penuh dengan air. Jadi, minumlah dengan perlahan dan teratur. 

2. Jangan kebanyakan tidur saat berpuasa

Cara menghindari dehidarasi yang kedua saat berpuasa adalah jangan kebanyakan tidur. Tidur di bulan puasa adalah pahala, tapi tidur di bulan puasa juga dapat membuat dosa. Karena apa?? Karena jika Anda kebanyakan tidur saat puasa dan kemudian Anda bangun, tubuh akan terasa sangat lemas. Mood terasa hilang karena tubuh kekurangan banyak cairan tubuh. Akhirnya, tak banyak orang yang berbuka sebelum waktunya karena merasa dirinya tak sanggup lagi menunggu adzan magrib. Jadi, tips kedua dari saya adalah jangan perbanyak tidur saat puasa, karena ini sama saja membuat tubuh Anda semakin lemas.

3.Hindari Kafein dan Minuman Bersoda

Minum-minuman bersoda memang menyegarkan saat berbuka. Rasanya tenaga yang sudah tinggal 30 % seperti ter cas kembali dan menjadi 100 %. Akan tetapi, efek ini hanya berlangsung sebentar. Setelah itu, Anda akan merasakan kerongkongan Anda kering, serta lidah Anda terasa tidak enak seperti ada sesuatu. Minuman bersoda juga membuat perut Anda terasa penuh. Jadi sebiasa mungkin hindarilah minuman bersoda. Jika Anda tidak mampu, kurangilah frekuensi minuman bersoda Anda saat bulan puasa, dan perbanyaklah minum air putih/mineral.

Minimalkan atau hindari juga mengonsumsi minuman/makanan yang mengandung kafein. Kafein memiliki kemampuan untuk menghilangkan manfaat dari air di dalam tubuh dan menghilangkan kelembaban. Jika Anda ingin menikmati minuman hangat, pilih teh hijau atau teh chamomile. 

4. Kurangilah Aktivitas yang tidak ditubuhkan

Tips keempat ini lebih saya sarankan untuk orang-orang yang terlalu memaksakan diri beraktivitas yang berlebihan di bulan puasa. Misalnya, untuk orang yang ingin menurunkan berat badan. Memaksakan diri untuk berolahraga, karena menganggap akan lebih cepat penurunan berat badan di bulan puasa. Iya memang cepat, tapi bakalan cepat jugalah umur Anda ^^ Akan tetapi, untuk Anda yang sudah terbiasa melakukan aktivitas di luar bulan puasa, lakukan tetap aktivitas Anda. Karena tubuh Anda sudah terbiasa.

5. Konsumsi Buah-Buah Yang Banyak Mengandung Air

Ingin menghindari dehidrasi dengan cara yang lezat dan tidak membuat bosan? Nikmati buah-buahan segar yang mengandung banyak air, misalnya melon, semangka, jeruk manis dan lain sebagainya. Selain rasanya enak dan mencukupi kebutuhan air, buah-buahan tersebut dapat memberi asupan nutrisi untuk menjaga stamina Anda selama menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadhan.

itulah, tips-tips agar terhindar dari dehidrasi saat bulan ramadhan yang dapat saya berikan, senang bisa berbagi.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Mencegah Dehidrasi Saat Puasa Ramadhan"

Posting Komentar