Bahaya dan Cara yang Mudah Mengatasi Mengigau

Apa itu Mengigau??

Fahri's Blog - Hai sobat blogger, Berbicara tentang "Mengigau" saya yakin hal yang satu ini pernah di alami setiap orang. Mengigau atau dalam bahasa medisnya parasomnia adalah gangguan tidur yang ditandai dengan gerakan sendiri yang tidak diinginkan atau tidak disadari, vokalisasi yang dapat berupa gumaman, dan kata-kata yang kurang jelas. Hal ini tidak akan disadari oleh individu yang mengalaminya. Ketika ditanya apakah kamu telah mengigau?? orang ini tidak akan ingat. Saya pingin menceritakan pengalaman saya mengigau dulu waktu kecil. Jadi pada waktu itu saya tinggal di daerah kampung baru di Medan. Kebetulan rumah saya dulu itu banyak sekali kamar, tapi yang digunakan hanya 1 kamar. Jadi, pada waktu malamnya saya tidur di kamar ibu saya, yang anehnya waktu saya bangun saya sudah tidak di kamar ibu saya lagi. Awalnya saya bingung, kenapa saya bisa pindah? Kalau memang saya melakukan itu, kenapa saya tidak menyadarinya?? Akhirnya ibu saya bilang, kalau kamu itu lagi mengigau. Waah saya sempat berfikir, gawat juga ini kalau nanti tiba-tiba saya tidur malam di kamar, besoknya sudah di halaman rumah hahaha.. tapi alhamdulillah, sekarang kebiasaan mengigau saya sudah tidak pernah muncul lagi hingga sekarang.

Bahayakah Mengigau??


Mengigau sebenarnya tidak begitu berbahaya selagi aktifitas mengigau yang kita alami masih dalam batasan wajar, seperti bersuara-suara yang tidak jelas, menjerit, dll. Akan tetapi, jika kalian mengigau seperti yang saya alami ketika kecil dahulu, itu yang sangat berbahaya. Mengigau jalan atau biasa disebut Somnambulisme, menurut saya cukup berbahaya. Coba bayangkan jika kalian lagi tidur, tiba-tiba keluar rumah tanpa ada yang mengetahui, pergi ke tengah jalan. Waduuh bisa bahaya ini..

Penyebab Mengigau??
  • Demam atau sakit yang tinggi
  • Stress
  • Mengonsumsi alkohol dan kafein
  • Keturunan
  • Kurang tidur
Di antara kelima faktor penyebab mengigau di atas, yang paling sering menjadi penyebab mengigau adalah stress dan kurangnya tidur. Stress memang sangat mengganggu hidup kita, tidak hanya di dunia nyata, tapi juga dalam tidur kita. Sebagai contoh, seseorang yang tidak bisa wisuda karena skripsinya selalu ada yang salah di mata dosen. Ini mungkin akan memicu timbulnya stress dan mungkin akan terbawa-bawa dalam tidurnya. Itulah yang bisa menimbulkan aktifitas "Mengigau"

Cara mengatasi mengigau??
  • Aturlah jadwal tidur 
  • Jangan mengonsumsi alkohol atau sejenisnya
  • Berdoalah sebelum tidur
  • Cobalah untuk rileks sebelum tidur
  • Ciptakan lingkungan tidur yang nyaman

Subscribe to receive free email updates:

3 Responses to "Bahaya dan Cara yang Mudah Mengatasi Mengigau"

  1. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  2. Nais infoh gan.thanx

    BalasHapus
  3. Saya mengigo kenapa hampir setiap hari dan pada saat mengigo kenapa klo di tanya jawab ???? Sedangkan saya lgi ngigoz🙀

    BalasHapus